Cara Membuat Tombol Macro Sederhana di Excel bagi Pemula

Dalam Excel, Anda dapat membuat tombol untuk mengaktifkan macro yang Anda buat/rekam pada worksheet. Pada kesempatan sebelumnya Anda mungkin telah memahami cara membuat macro yang sederhana beserta cara kerjanya merekam aktivitas Anda pada Excel dalam Tips Excel Menggunakan Macro bagi Pemula Bagian ke 1, untuk meneruskan bahasan tentang macro tersebut, Anda dapat mengikuti tip membuat tombol macro di Excel.

Tombol dalam Excel terdapat pada tab Developer, untuk menampilkannya di menu Ribbon jika Anda menggunakan Excel 2007 buka menu Office di sudut kiri atas lalu pilih Excel Options dan beri tanda centang pada kotak 'Show Developer tab in the Ribbon', sedangkan untuk pengguna Excel 2010 dapat membuka menu File > Options, pada kotak dialog Excel Options pilih 'Customize Ribbon Tab' beri tanda centang pada kotak 'Developer'.

Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk menambahkan tombol pada worksheet dan menetapkan perintah macro pada tombol tersebut:
  • Pilih menu Developer > Controls > Insert pada bagian Form Control klik Button (Form Control)
  • Gambarlah tombol dengan membuat sebuah kotak di dalam worksheet (drag mouse)
  • Setelah tombol selesai dibuat lalu akan tampil kotak dialog Assign Macro seperti pada gambar di bawah ini. kemudian Anda pilih macro yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Klik OK untuk menutup kotak dialog.
  • Anda dapat mengubah teks Button1 pada tombol dengan cara klik kanan tombol lalu pilih menu 'Edit Text'.
Setelah Anda menyelesaikan langkah tersebut diatas, silakan untuk menguji coba kembali macro dengan menekan tombol yang telah Anda buat.