Belajar Excel Menggunakan Macro dan VBA bagi Pemula

Dalam Excel, Macro adalah rangkaian perintah yang dapat meng-otomatis-kan beberapa arahan pada Excel sehingga dapat membantu Anda menangani aktivitas dalam Excel dengan lebih mudah dan cepat. Untuk membuat Macro yang paling sederhana dalam Excel, tidaklah harus diperlukan adanya pengetahuan mengenai bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA). Karena bagi pemula, Excel telah menyediakan perekam perintah kemudian mengubahnya menjadi Macro VBA. Selanjutnya dapat Anda gunakan kembali untuk mengulangi perintah tersebut misalnya dengan hanya menekan kombinasi tombol yang telah Anda tentukan.

Kebanyakan pengguna Macro yang telah memiliki pengetahuan yang cukup luas dapat menuliskan kode perintah pada Excel untuk melakukan berbagai aktivitas yang tidak dapat direkam secara langsung melalui macro. Contoh yang paling umum adalah jika Anda ingin membuat semacam aplikasi kasir di workbook Excel yang dapat mencatat aktivitas penjualan. Adapun data yang dihasilkan secara otomatis pada worksheet berupa barisan sel atau tabel itu harus berasal dari form entri data yang Anda buat dalam worksheet lain dengan format berbentuk nota penjualan. Disamping kegunaan itu, dengan mengembangkan fungsi macro pada workbook maka Anda dapat melakukan berbagai arahan yang tadinya menghabiskan banyak waktu, kini dapat Anda buat menjadi otomatis.

Beberapa manfaat Macro VBA di bawah ini hanyalah sebagian kecil yang dapat saya tuliskan, diantaranya:
  • Mengembangkan kegunaan worksheet dan membuat tampilan worksheet tersebut setelah disederhanakan bagi pengguna yang tidak begitu memahami aplikasi Excel.
  • Membuat add-ins tersendiri untuk Excel.
  • Membuat berbagai aplikasi tersendiri berbasis macro yang dapat diakses melalui menu Ribbon.
  • Menanggapi secara otomatis berbagai kondisi tertentu dalam Excel misalnya setelah sel dalam suatu worksheet itu diubah, maka perintah macro yang telah Anda tuliskan dapat mengubah kondisi Worksheet tersebut.
  • Memasukkan suatu rangkaian teks maupun rumus, mengingat fitur AutoCorrect dapat menyertakan teks ke dalam worksheet juga, namun fitur tersebut tidak dapat menetapkan format terhadap teks, maka jika Anda ingin menyertakan sekaligus menyiapkan format teks tersebut dapat dilakukan melalui macro.
  • Jika Anda ingin melakukan perintah yang sering atau sama terhadap beberapa workbook, maka macro juga dapat merekam perintah yang Anda lakukan sekali, kemudian Anda dapat membiarkan macro mengulangi perintah tersebut ke dalam workbook yang lain secara otomatis.
  • Membuat menu tombol pilihan dan perintah tertentu dalam Excel yang dapat Anda fungsikan sendiri melalui keyboard maupun dengan klik mouse.