Jangan merasa kaget misalnya ketika tombol panah kanan pada keyboard ditekan satu kali, maka yang berpindah bukan indikator sel aktifnya seperti biasa, melainkan layar worksheet yang bergulir ke kiri sejauh satu kolom sel.

Solusi: Layar Worksheet Bergulir Saat Diarahkan Keyboard 

Pada keadaan ini, jika Anda perhatikan apa yang ada di status bar (pojok kiri bawah Excel), maka Anda akan melihat tulisan Scroll Lock yang artinya fungsi ini dalam kondisi sedang aktif. 

Perhatikan pula lampu indikator 'Scroll Lock' pada keyboard yang tengah menyala. Maka untuk mengatasinya adalah dengan cara menekan tombol Scroll Lock di keyboard.


Seperti halnya pada keyboard biasa, tombol navigasi menjadi alternatif pada tombol angka 2, 4, 6, dan 8 yang terletak di sebelah kanan keyboard. Fungsi tombol panah dapat digunakan saat tombol NumLock tidak diaktifkan atau lampu indikator 'NumLock' pada keyboard tidak menyala.

Dengan demikian, Anda dapat memahami fungsi tombol Scroll Lock di Excel yang dapat digunakan untuk menggulir layar worksheet tanpa membuat indikator sel aktif berpindah ke sel lain.