Cara Menggunakan Data Table Dua Variabel Dalam Excel

Pada kesempatan sebelumnya, saya telah menjelaskan perintah Data Table Excel dengan menggunakan satu variabel berdasarkan contoh model data yang sederhana, tip singkat berikut ini akan menjelaskan kelanjutannya yakni tentang Data Table menggunakan dua variabel/data input alternatif (baris dan kolom).

Adapun model data yang dapat dijadikan sebagai contoh dalam posting ini yaitu membuat daftar untuk menampilkan nilai-nilai dari: 
(1 + n)i 
dimana nilai alternatif n berada pada baris (vertikal) dan nilai alternatif i pada kolom (horizontal) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Salah satu keunggulan dari penggunaan Data Table ini ialah lebih memudahkan untuk menghasilkan nilai dari suatu rumus  tanpa harus menetapkan pilihan acuan sel absolut terlebih dahulu ke dalam rumus tersebut, seperti yang biasanya sering dilakukan sebelum menyalinkan rumus tersebut dari satu sel ke barisan sel lainnya agar dapat menghasilkan nilai yang tepat dan otomatis.

Berbeda dengan satu variabel, Data Table dua variabel memerlukan satu sel contoh rumus yang harus ditempatkan pada satu sel tepat di atas sel input kolom dan satu sel sebelum sel input baris. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, dimana sel B5 berisi rumus di bawah ini tanpa harus menyertakan pilihan acuan sel absolut pada sel C1 dan C2:
=(1+C1)^C2
Berikut ini langkah-langkah menggunakan Data Table dari dua variabel data input sesuai gambar di atas:
  1. Sorot barisan sel B5:L15.
  2. Buka ribbon Data > Data Tools > What-If Analysis > Data Table...
  3. Pada kotak dialognya pilih sel C1 pada kotak isian 'Row input cell:' dan sel C2 di kotak isian 'Column input cell:' lalu klik OK.