Trik Excel Menyalin Pengaturan Halaman Kertas dan Printer Pada Sheet Lain

Dalam Excel, Anda dapat mengelola pengaturan halaman kertas dan printer melalui menu ribbon Page Layout > Page Setup. Namun menu tersebut hanya dapat digunakan pada satu worksheet saja, sedangkan pengaturan halaman pada worksheet lainnya dan worksheet yang baru telah ditetapkan dengan sendirinya oleh Excel (secara default), sehingga apabila Anda ingin menetapkan pengaturan yang sama pada sheet lain tersebut, maka Anda harus mengatur kembali Page Setup dengan mengaktifkan Sheet yang akan Anda pilih.

Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara yang lebih efisien untuk menyalin pengaturan halaman kertas dan printer yang telah Anda tetapkan dari satu sheet kepada sheet lainnya. Sebagai contoh, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka File/Workbook baru.
  2. Aktifkan Sheet1, lalu pilih pengaturan misalnya ukuran halaman kertas akan menggunakan A4 yang semula ditetapkan Letter 21,59 cm x 27,94 cm secara default, maka Anda dapat membuka menu ribbon Page Layout > Page Setup > Size > A4 21 cm x 29,7 cm.
  3. Tekan tombol Ctrl pada keyboard sambil Anda klik sheet yang akan Anda tetapkan menggunakan kertas A4 misalnya pada Sheet3, lepaskan tombol Ctrl pada keyboard setelah Anda klik sheet tersebut. Hal ini dilakukan untuk menyoroti/mengelompokkan Sheet1 dan Sheet3. Tab worksheet akan terlihat seperti pada gambar yang ditunjukkan di atas.
  4. Buka menu ribbon Page Layout kemudian klik icon kecil di sebelah kanan nama grup 'Page Setup' untuk menampilkan kotak dialog Page Setup.
  5. Pada tab 'Page' pastikan agar kotak daftar pilihan 'Paper size:' telah ditetapkan pada ukuran A4, lalu klik OK.
  6. Klik-kanan Sheet3, lalu pilih 'Ungroup Sheets'.