Cara Menetapkan Penyesuaian Pengaturan Halaman Print dalam Excel

Dengan menggunakan perintah menu File > Print > Print atau tombol Office > Print > Print serta klik satu kali tombol Quick Print mungkin dapat menghasilkan beragam hasil cetakan menurut jenis printer yang Anda gunakan. Namun jika Anda merasa tidak puas dengan hasilnya, maka Anda tentunya dapat melakukan penyesuaian terhadap pengaturan print (Print Settings).

Terdapat dua cara berbeda yang dapat Anda pilih menurut kegunaannya masing-masing:

Cara Pertama: Pengaturan melalui menu kotak dialog Print

Kotak dialog Print dapat Anda tampilkan dengan cara menekan tombol Ctrl+P pada keyboard. Adapun menu ini lebih banyak memusatkan pengaturan pada mesin printer yang Anda gunakan saja dan hanya dapat melakukan beberapa pengaturan berikut:
  • Pilihan 'Printer' yaitu Jenis Mesin Printer yang digunakan.
  • Tombol 'Properties' untuk mengatur orientasi/posisi kertas (portrait/landscape), ukuran kertas yang digunakan dan penyesuaian batas (margin) kertas.
  • Pilihan 'Print range' dan 'Print what' menentukan area worksheet yang akan di-print.
  • Pilihan 'Copies' untuk menentukan jumlah salinan dan pengaturan urutan halaman print juga pilihan penggunaan bagian sisi kertas yang diprint (1 sisi atau 2 sisi).


Cara Kedua: Pengaturan melalui menu ribbon Page Layout > Page Setup

Tab Page Setup memiliki beberapa menu (Margins, Orientation, Size, Print Area dan sebagainya) yang berpusat pada pengaturan hasil output pada kertas dalam Excel bukan pada pengaturan printernya, sehingga memungkinkan adanya ketidaksesuaian terhadap hasil print. Namun penyesuaian pada menu Page Setup ini akan dapat terlihat dengan sangat lengkap apabila Anda menampilkan kotak dialog Page Setup dengan cara klik tombol panah kecil di bagian sudut tab (dilingkari merah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini).


Jika Anda perhatikan pada kotak dialog Page Setup, pengaturan Print terdapat pula pada menu tombol 'Print...', sehingga cara kedua ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin melakukan penyesuaian yang lebih lengkap dan spesifik.