Tips Excel Nge-Print Hanya Satu Kali Klik Menggunakan Tombol

Secara normal, perintah untuk mencetak dokumen dalam Excel yang lebih populer dikenal dengan istilah 'nge-print' dapat dilakukan melalui menu File > Print lalu klik perintah 'Print' (pada Excel 2010) atau memilih tombol Office > Print > Print (seperti di Excel 2007). Namun terdapat cara yang lebih efisien untuk menampilkan kotak dialog Print tersebut yaitu dengan menggunakan tombol pintas Ctrl+P pada keyboard.

Disamping itu, terdapat pula suatu menu dalam Excel yang disebut 'Quick Print' yang memungkinkan Anda nge-print hanya dengan satu kali klik pada icon Quick Print tersebut, kemudian Excel akan mengirim seluruh isi yang terdapat pada worksheet yang sedang diaktifkan pada layar monitor secara langsung menuju printer Anda untuk dicetak.


Pada Excel 2007, menu Quick Print dapat digunakan melalui menu tombol Office > Print > Quick Print. Akan tetapi jika Anda menggunakan Excel 2010 dan setelahnya, maka Anda tidak akan menemukan menu tersebut. Namun terdapat cara yang praktis untuk tetap dapat menampilkan tombol Quick Print (baik pada Excel 2007 maupun Excel 2010) di dalam toolbar Quick Access yaitu:
  1. Klik tombol panah menurun pada toolbar Quick Access.
  2. Pilih menu 'Quick Print', sehingga icon dapat terlihat seperti pada gambar di atas (dilingkari merah).
Kekurangan menu Quick Print dalam Excel adalah tidak tersedianya tombol pintas pada keyboard. Sedangkan kelebihannya adalah setelah Anda mengubah dan menetapkan penyesuaian pengaturan printer (Printer Setup) dan halaman kertas print (Page Setup), maka Anda cukup klik icon Quick Print dan tidak perlu membuka lagi kotak dialog Print untuk menyesuaikan pengaturan printer maupun kertas.