Tips Excel Menyimpan Hasil Filter Terhadap Barisan Sel

Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk menganalisis data dalam sebuah worksheet diantaranya adalah Filter. Kegunaan Filter dalam Excel untuk menyembunyikan beberapa item tertentu dalam sebuah daftar di barisan sel. Tip berikut ini akan menjelaskan cara menyimpan hasil konfigurasi filter tersebut dengan menggunakan menu Custom Views.

Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah contoh data pada barisan sel dalam sebuah worksheet yang akan disembunyikan sesuai dengan kriteria yang dikehendaki.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyimpan urutan data asli dengan menggunakan menu Custom Views, namun sebelumnya terlebih dahulu pastikan agar susunan data bukanlah sebuah Tabel yang dibuat dengan memilih menu Insert > Tables > Table, melainkan barisan sel data yang biasa dalam worksheet. Hal ini dilakukan mengingat Excel tidak dapat menyediakan menu Custom Views jika terdapat adanya suatu tabel dalam workbook.


Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka menu View > Workbook Views lalu pilih Custom Views untuk menampilkan kotak dialog.
  2. Klik tombol Add... kemudian ketik nama view, misalnya: Data Asli, lalu klik OK.
  3. Letakkan pointer sel di mana saja dalam barisan sel data.
  4. Buka menu Data > Sort & Filter lalu klik Filter, maka pada baris kesatu (di setiap judul kolom) akan ditampilkan tombol panah kecil menurun.
  5. Klik tombol tersebut lalu pilih Text Filters > Equals... untuk menampilkan kotak dialog Custom Autofilter kemudian tentukan satu nama pulau yang akan ditampilkan, misalnya pulau Jawa maka ketik 'Jawa' pada kotak isian pertama di sebelah kanan (sejajar dengan kotak equals). Klik OK.
  6. Simpan data hasil filter tersebut dengan membuka kembali menu View > Workbook Views lalu pilih Custom Views kemudian klik tombol Add... lalu ketik nama misalnya Data Pertumbuhan Penduduk di Pulau Jawa, klik OK.

Untuk menampilkan kembali urutan data ke semula, Anda dapat membuka menu View > Workbook Views > Custom Views pilih 'Data Asli' lalu klik tombol 'Show'.