Mengenal Penggunaan Tabel dalam Excel

Suatu tabel dalam Excel adalah barisan data terstruktur yang memiliki satu baris judul berisi teks untuk menjelaskan isi dari setiap kolomnya. Setiap baris dalam suatu tabel tersebut adalah data yang satu kesatuan, sedangkan setiap kolomnya berisi informasi tertentu yang merupakan bagian dari baris tersebut.

Suatu tabel dalam worksheet dapat dikatakan sebagai tabel yang utuh apabila barisan sel yang berisi data telah diubah menjadi tabel dengan cara menyorot/blok sel manapun dalam barisan sel kemudian memilih menu Table pada menu Ribbon Insert > Tables. Setelah Anda mengidentifikasi barisan sel sebagai suatu tabel, maka Excel pun akan menanggapi berbagai aktivitas yang akan Anda lakukan dalam barisan sel tersebut.

Tabel ini merupakan salah satu keunggulan yang sebetulnya sangat menarik dan Excel mulai memperkenalkannya dari versi 2007 hingga sekarang. Meskipun kebanyakan pengguna Excel jarang menggunakannya, namun akan sangat bermanfaat jika Anda ketahui beberapa keunggulan tersebut. Disamping memungkinkan penggunanya agar dapat menghindari berbagai kesalahan, keunggulan tabel Excel lainnya yaitu dapat membantu Anda dalam meng-analisis data juga menuntaskan pekerjaan lainnya dengan mudah juga menjadikan hasil pekerjaan tersebut terlihat semakin lebih baik.

Penggunaan tabel dalam Excel selain memiliki pilihan menu khusus dengan nama tab 'Table Tools' saat pointer sel berada pada tabel, terdapat pula beberapa perbedaan lainnya yang signifikan dalam menggunakan tabel ini jika sebelumnya Anda lebih sering menggunakan barisan sel yaitu diantaranya sebagai berikut:
  • Kemudahan dalam pemilihan maupun penambahan baris juga kolom pada tabel. Menambahkan baris dan kolom hanya dengan menggeser (drag mouse) pada sudut kiri bawah tabel ke arah kanan (kolom) atau ke bawah (baris).
  • Tabel dapat menghitung nilai-nilai yang terdapat pada kolom kemudian menghasilkannya berdasarkan rumus dari satu sel secara otomatis hingga sepanjang kolom tersebut.
  • Setiap judul kolom memiliki 'drop-down list' yaitu suatu opsi yang dapat Anda gunakan untuk membuat filter/saringan terhadap data agar baris tertentu dapat disembunyikan dan Anda juga dapat menyortir data dalam tabel berdasarkan ukuran nilai maupun secara alfabet.
  • Menampilkan judul tabel tidak memerlukan menu 'Freeze Top Row' (Freeze Panes) agar baris pada judul tersebut dapat tetap terlihat saat Anda menggerakkan pointer sel ke bawah.
  • Tabel tidak dapat menyisipkan subtotal secara otomatis yang biasanya dapat dilakukan pada barisan sel dengan cara memilih menu Data > Outline > Subtotal.
  • Rumus dalam tabel menggunakan nama tabel dan judul kolom sehingga memungkinkan acuan pada tabel dapat tersusun dengan baik jika dibandingkan dengan penggunaan acuan sel. 
  • Menu Custom Views pada menu Ribbon View > Workbook Views tidak dapat digunakan jika terdapat sebuah tabel dalam workbook Anda.
  • Desain penampilan tabel yang dapat Anda sesuaikan dengan mudah dan cepat.