Rumus Excel Mencari Data dari Dua Arah yang Bersimpangan

Excel memungkinkan Anda untuk tetap dapat mengidentifikasi suatu nilai yang berada di persimpangan/pertemuan antara sebuah kolom dan sebuah baris dalam suatu tabel. Tips berikut ini akan menjelaskan dua metode yang dapat Anda gunakan sesuai contoh kasus seperti terlihat pada gambar di bawah ini yang menampilkan barisan sel daftar nilai ulangan berdasarkan nama dan pelaksanaan ulangan tersebut, dimana sel input terdapat pada sel I2 dan I3 yang keduanya akan dijadikan sebagai acuan terhadap tabel B3:F15 untuk dapat menghasilkan output nilai yang dicari pada sel I5.


Cara Pertama: Menggunakan Rumus INDEX dan MATCH

Untuk lebih menyederhanakan susunan rumus pada sel I5 tersebut, maka diperlukan penamaan sel dan barisan sel. Untuk mengelola penamaan, Anda dapat membuka menu ribbon Formulas > Defined Names > Name Manager, klik New... kemudian tentukan penamaannya sesuai dengan nama berikut:
  1. Ketik Nama pada isian 'Name:' dan I2 pada isian 'Refers To:', klik OK
  2. Klik New > Ketik Ulangan pada isian 'Name:' dan pada 'Refers To' ketik I3, klik OK
  3. Klik New > Name: Tabel dan Refers To: B3:F15, klik OK
  4. Klik New > Name: DaftarNama dan Refers To: B3:B15, klik OK
  5. Klik New > Name: DaftarUlangan dan Refers To: B3 F3, klik OK
Sel I5 berisi rumus gabungan dibawah ini yang terdiri dari dua fungsi MATCH untuk mencocokkan data pada baris (DaftarNama) dan kolom (DaftarUlangan) kemudian dijadikan sebagai argumen terhadap fungsi INDEX yang dapat menghasilkan nilai berdasarkan acuan fungsi-fungsi MATCH tersebut:
=INDEX(Tabel,MATCH(Nama,DaftarNama,0),MATCH(Ulangan,DaftarUlangan,0))

Cara Kedua: Membuat Penamaan Sel pada Barisan Sel yang dipilih

Cara ini merupakan cara yang sangat praktis karena Anda hanya menuliskan rumus berupa nama sel kolom dan baris yang dicari untuk menghasilkan output nilai yang bersimpangan tersebut, namun memiliki dua syarat mutlak yaitu:
  1. Anda harus memilih barisan sel untuk setiap kolom dan baris dalam tabel terlebih dahulu
  2. Rumus tidak akan berfungsi/error jika terdapat nama baris atau kolom yang merupakan bilangan numerik sehingga Anda harus memberikan nama baris maupun kolom tersebut dengan teks. 

Gambar di atas menunjukkan sel I4 yang menghasilkan output dari susunan rumus yaitu hanya menuliskan nama yang terdapat pada baris dan nama yang terdapat pada kolom (Anda perhatikan formula bar). Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:
  1. Copy tabel (Sel B2:F15) yang telah Anda buat pada cara pertama di atas.
  2. Buat File Baru, Paste pada Sheet baru (sel B2)
  3. Ubah bilangan menjadi teks seperti pada gambar di atas
  4. Blok sel B3:F15
  5. Pilih menu ribbon Formulas > Defined Names > Create from Selection
  6. Tandai ceklis pada Top Row dan Left Column, klik OK