Menetapkan Penamaan pada Excel

Terdapat suatu fitur dalam Excel yaitu pada menu Formulas > Defined Names > Define Name yang dapat digunakan untuk menamai suatu sel tertentu maupun barisan sel. Sehingga nama yang Anda tetapkan tersebut dapat bermanfaat untuk mendefinisikan sel yang dimaksud ke dalam rumus Excel yang Anda susun.

Penamaan pada Sel

Contoh sederhananya apabila Anda telah menamakan barisan sel D2:D10 dengan nama 'Saldo', maka jika Anda ingin melakukan operasi penjumlahan tentunya Anda akan menuliskan susunan rumus =SUM(Saldo).

Adapun kegunaan penamaan ini tidak hanya dapat mendefinisikan sel saja, namun lebih tepatnya lagi adalah bahwa penamaan ini selain merupakan penamaan rumus yang terdapat di dalam sel pada Excel, juga dapat digunakan untuk mendefinisikan suatu nilai yang tetap (baik berupa angka maupun teks).

Penamaan berupa Angka

Contoh sederhana jika Anda ingin menamakan persentase 20% dengan nama 'UangMuka' seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, maka Anda langsung saja tambahkan angka tersebut melalui menu 'Refers to:'.


Sehingga nama 'UangMuka' tersebut pada saat diterapkan dalam rumus (seperti terlihat pada gambar di bawah ini), maka Anda hanya mengetik huruf 'u' sehingga akan tampil menu nama 'UangMuka' dibawahnya, kemudian Anda tekan tombol 'Tab' kemudian Enter.


Penamaan berupa Teks

Demikian pula halnya dengan teks, contohnya jika Anda ingin menambahkan teks 'TIDAK LAYAK' dengan nama 'tl' yang lebih singkat, maka Excel akan merekam nama tersebut. Tambahkan nama 'tl' pada menu 'Name:' dan teks 'TIDAK LAYAK' pada menu 'Refers to:'

Penamaan berupa Rumus

Jika Anda ingin menjumlahkan seluruh nilai yang terdapat pada kolom F dengan nama 'TotalF' maka pada menu 'Refers to:' Anda dapat menuliskan rumus:
=SUM(Sheet1!$F:F$)
Dengan demikian teknik penamaan tersebut tidak hanya mendefinisikan suatu sel tertentu maupun barisan sel melainkan juga dapat mendefinisikan suatu rumus Excel didalamnya bahkan pula nilai (berupa angka ataupun teks) yang bersifat tetap.