Cara Membuat Grafik Gabungan di Excel

Grafik dalam Excel dapat terdiri dari satu deretan data atau mungkin lebih. Seperti pada gambar di bawah ini merupakan contoh grafik yang tergabung dari dua jenis data yang berbeda pada tabel. Untuk membuat grafik Anda dapat menggunakan menu Ribbon Insert > Charts > Column > 2-D Column > Clustered Column.

Jika diperhatikan grafik data item terjual yang memiliki nilai sangat kecil tersebut ditampilkan menggunakan jenis grafik batang (kolom) yang sama seperti grafik peminat, sehingga grafik tersebut kurang terlihat jelas.


Untuk mengatasinya diperlukan jenis grafik yang berbeda yaitu grafik garis. Berikut langkah-langkah mengubah jenis grafik:
  1. Klik grafik item terjual, lalu klik-kanan untuk menampilkan menu shortcut.
  2. Pilih Change Series Data Type...
  3. Pada kotak dialog 'Change Chart Type' klik pada pilihan grafik 'Line', tentukan jenis grafik garis yang Anda sukai. lalu klik OK
Selanjutnya membuat grafik garis tersebut agar dapat terlihat yaitu dengan cara menampilkan sumbu vertikal kedua di sebelah kanan grafik:
  1. Klik grafik garis item terjual, klik-kanan > Format Data Series atau dengan menekan tombol Ctrl+1.
  2. Pada pilihan Series Options, pilih 'Secondary Axis' 
  3. klik Close.

Jika Anda ingin menambahkan judul pada sumbu vertikal seperti pada gambar di atas. Maka Anda dapat menggunakan menu Axis Titles:
  1. Klik Grafik
  2. Pilih tab Chart Tools pada menu Ribbon, lalu menu Layout > Labels > Axis Titles 
  3. Pilih menu Primary Vertical Axis Title lalu klik Rotate Title, sedangkan Untuk menambahkan judul pada sumbu vertikal di sebelah kanan pilih menu Secondary Vertical Axis Title.