Cara Menerapkan Acuan Sel Campuran dalam Rumus Excel

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas tentang kegunaan sel relatif dan sel absolut pada artikel Cara Menerapkan Acuan Absolut dalam Rumus Excel. Untuk kali ini, bahasan selanjutnya sebagai tambahan adalah acuan sel campuran, baik untuk bagian kolom maupun baris menurut acuan absolut (tetap). Meskipun acuan sel campuran ini jarang sekali digunakan, namun pada keadaan tertentu, penggunaannya dapat dijadikan sebagai solusi bagi Anda.

Suatu acuan sel absolut terdiri dari dua buah tanda dollar ($), sedangkan suatu acuan sel campuran hanya memiliki satu buah tanda dollar, seperti:
=$A2
=A$2
Pada argumen pertama di atas, bagian kolom yang dijadikan acuan (huruf A) adalah acuan absolut, dan bagian baris (angka 2) adalah acuan relatif. Pada contoh argumen yang kedua merupakan kebalikannya.

Simak artikel Trik Cepat Excel Mengubah Sel Relatif Menjadi Sel Absolut.

Adapun penerapan acuan sel campuran dapat mudah dipahami melalui contoh studi kasus yang sederhana dapat terlihat seperti gambar di bawah ini:


Rumus pada tabel di atas menghasilkan luas berdasarkan panjang dan lebarnya. Rumus yang terdapat pada sel C3 adalah:
=$B3*C$2
Perhatikan bahwa kedua acuan sel adalah campuran, dimana sel B3 mengacu pada acuan absolut pada kolom B dengan argumen ($B), kemudian sel C2 mengacu pada baris ke 2 yang dijadikan sebagai acuan absolut. Sehingga akan menghasikan nilai perhitungan luas yang sangat tepat setelah Anda salin pada sel lainnya.