Tip singkat berikut ini mungkin dapat berguna bagi Anda yang ingin mengamati dan menilai susunan rumus dalam suatu worksheet. Rumus utama yang digunakan adalah ISFORMULA dan FORMULATEXT.

Sebelum kemunculan fungsi atau formula ini sejak Excel 2013, cara untuk menampilkan rumus pada setiap sel adalah dengan mengganti tampilan nilai yang dihasilkan menggunakan menu Show Formulas yang terdapat pada menu Ribbon: Formulas > Formula Auditing > Show Formulas.

Cara Pertama: Menggunakan Fungsi ISFORMULA

Dalam contoh pada gambar di bawah ini, sel yang berisi rumus adalah sel A3 dan A5.


Untuk memeriksa sel manakah yang terdapat rumus maka formula yang digunakan adalah ISFORMULA. Nilai yang dihasilkan ISFORMULA adalah TRUE bagi sel yang berisi formula, sedangkan bagi selainnya maka akan menghasilkan nilai FALSE. Rumus sel pada B1 adalah:
=ISFORMULA(A1)

Cara Kedua: Menggunakan Fungsi FORMULATEXT

Cara atau rumus kedua adalah menggunakan FORMULATEXT, dimana Excel akan menuliskan susunan rumus jika sel berisikan rumus dan error #N/A jika selainnya. Pada C1, formulanya:
=FORMULATEXT(A1)

Cara Ketiga: Menggabungkan Kedua Fungsi

Jika Anda ingin menampilkan susunan rumusnya saja, maka kedua formula ini bisa digunakan secara bersamaan menggunakan fungsi IF. sehingga formulanya menjadi:
=IF(ISFORMULA(A1),FORMULATEXT(A1),"")