Jika beberapa Slicer saja dapat bekerja hanya pada satu pivot table, apakah mungkin dua atau lebih PivotTable saling terhubung memfilter data secara bersamaan hanya melalui satu slicer saja?

Sebenarnya Excel memiliki fitur yang jarang diketahui dan dipakai kebanyakan orang untuk membuat Slicer ini agar dapat saling menghubungkan PivotTable juga PivotChart satu dengan lainnya. Fitur ini adalah 'Report Connections' yang terdapat pada menu ribbon Options Slicer atau dapat pula ditampilkan melalui shortcut menu (klik-kanan pada Slicer).

Cara Membuat PivotTable dan Slicer

Tip berikut yang ditunjukan pada gambar di bawah ini akan menerangkan langkah-langkah yang dapat diikuti dari contoh file sederhana sebagai sumber data PivotTable yang bisa diunduh disini


Kita buatkan PivotTable pertama dengan 'Kecamatan' di FILTERS, 'Kategori' di ROWS, dan 'Jumlah' pada VALUES. Selanjutnya, PivotTable keduanya 'Kategori' di FILTERS, 'Produk' di ROWS, 'Kecamatan' di COLUMN, dan 'Jumlah' di VALUES. 

Setelah kedua PivotTable selesai dibuat, klik salah satu PivotTable lalu pilih 'Insert Slicer' pada menu Ribbon 'PivotTable Tools' tab 'Analyze' dalam grup 'Filter'.


Pada kotak dialog 'Insert Slicers' pilih 'Kecamatan' dan 'Kategori' lalu klik OK. Sesuaikan dengan baik posisi kedua Slicer yang telah kita pilih.

Langkah terakhir, kita tampilkan shortcut menu pada masing-masing Slicer dengan cara mengklik-kanan lalu pilih 'Report Connections...' kemudian tandai centang kotak PivotTable lainnya yang akan kita hubungkan, klik OK.