Pada Excel 2013, terdapat fitur baru yaitu Flash Fill, sebuah cara baru untuk menggabungkan data pada beberapa kolom sel menjadi satu kolom.

Data yang dimaksud bisa berupa teks, angka, ataupun simbol yang ada dalam suatu sel.

Percobaan Menggabungkan Data di Kolom-kolom

Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara menggabungkan data seperti contoh pada gambar di bawah ini terdapat nama depan, tengah, dan belakang yang akan tergabung dalam satu kolom sel yakni nama lengkap.


Dalam contoh, nama pertama tidak memiliki nama tengah dan belakang, maka pada saat sel disorot, hanya nama depannya saja yang dapat di Flash Fill. Untuk membatalkannya Anda dapat menggunakan pilihan Undo Flash Fill.

Kemudian pada nama kedua yang tidak memiliki nama tengah, pada saat sel disorot dan saat Flash Fill digunakan, nama tengah pada sel dibawahnya pun tidak dapat disertakan jadi kita Undo saja. 

Agar keseluruhan nama yang ada di daftar dapat disertakan, maka gunakan nama yang telah memiliki nama depan, tengah, dan belakang untuk Anda tuliskan pertama kalinya kemudian sorot lalu terapkan metode Flash Fill.

Jangan lupa memilih Accept suggestions untuk mengakhiri perintah Flash Fill sehingga kotaknya hilang dan tidak mengganggu layar kerja Anda.

Cara Cepat Menggunakan Fitur Flash Fill

Sebagai tambahan, ada cara yang lebih cepat untuk melakukan Flash Fill dengan cara menarik titik di sudut kanan bawah pointer sel yang diletakkan pada sel (yang akan dijadikan contoh Flash Fill) kemudian pilih Flash Fill, seperti dijelaskan pada gambar di bawah ini.


Jika Anda tidak membutuhkan fitur Flash Fill otomatis, hilangkan saja centang pada Automatically Flash Fill dibawah menu Editing options pada jendela Excel Options dengan cara membuka File > Options > Advanced.