Pada tip berikut ini, saya akan menjelaskan cara mendapatkan informasi dari Excel tentang berapa banyak sheet yang selnya mempunyai data kosong (tidak terisi/bukan angka nol). 

Seperti yang ditunjukkan pada contoh gambar di bawah ini saya membuat enam sheet dimana lima sheetnya diberi nama L1 hingga L5.

Pada masing-masing sel A1, saya berikan data (berupa teks, angka, atau simbol) kecuali sheet L3 saja yang sel A1-nya saya kosongkan sebagai contoh.


Nilai yang akan kita hasilkan dalam contoh adalah angka 1. Angka ini nantinya menunjukkan sheet yang data pada selnya kosong yaitu sheet L3 melalui susunan rumus pada penjelasan di bawah ini.

Menampilkan Jumlah Total Sheet Pada File

Sejak Excel 2013 dirilis, terdapat formula baru yang telah diperkenalkan diantaranya SHEET dan SHEETS. Bagi pengguna umum, kedua fungsi ini tentunya sangat menarik. Namun materi yang akan kita pelajari saat ini adalah SHEETS.

Fungsi SHEETS dapat digunakan untuk memberitahukan jumlah keseluruhan sheet yang terdapat pada workbook, termasuk yang disembunyikan oleh fitur Hide.

Sebagaimana dalam contoh pada Sheet1, sel B1 dituliskan rumus =SHEETS() untuk menampilkan total worksheet.

Untuk membuat fungsi SHEETS ini dapat melakukan tugasnya menghitung sheet yang kita pilihkan saja yaitu sheet L1 sampai L5 dengan menetapkan sel A1 di tiap-tiap sheet sebagai target acuannya, maka kita dapat menuliskan formula SHEETS seperti yang ditunjukan pada sel B3 di gambar:
=SHEETS('L1:L5'!A1)

Menampilkan Jumlah Sheet yang Datanya Kosong

Tugas SHEETS hanya menghitung total sheet yang kita pilih, sedangkan untuk menghitung sheet yang sel A1-nya terdapat data maka digunakanlah fungsi COUNTA. Kita tulis acuannya persis seperti rumus B3, maka sel B5 susunannya adalah:
=COUNTA('L1:L5'!A1)

Kedua hasil tersebut kemudian kita ambil selisihnya untuk dapat menghasilkan jumlah sheet yang datanya masih kosong pada sel A1. Sehingga, kita susun rumusnya menjadi:
=SHEETS('L1:L5'!A1)-COUNTA('L1:L5'!A1)

Ingatlah bahwa fungsi SHEETS ini tidak akan dapat digunakan dan tidak didukung oleh versi Excel terdahulunya.