Produk Microsoft Office merupakan aplikasi yang memiliki kegunaan dalam segala hal yang berkaitan dengan perkantoran, diantaranya dokumen, surat-menyurat, presentasi, dan lain-lain termasuk Excel yang memiliki banyak manfaat didalamnya. Excel adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari software Microsoft Office. Dari sekian banyak software yang serupa namun yang paling dikenal dan disukai banyak orang bahkan dijadikan standar dunia mungkin sejauh ini adalah Microsoft Excel. 

Adapun sedikit manfaat Microsoft Excel dalam kehidupan sehari-hari diantaranya menghitung angka dan non-angka menggunakan rumus atau formula, mengolah data dan menghasilkan grafik yang menarik, membuat laporan data yang ringkas, dan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan singkat.

Antarmuka Excel

Menghitung Bilangan-bilangan Matematika

Dalam menyelesaikan bermacam-macam persoalan mengenai bilangan tentunya kita mengenal alat hitung yaitu kalkulator. Manfaat kalkulator ini dapat juga dirasakan melalui Excel yang dengan kemampuannya bisa membantu perhitungan matematika dalam bidang yang lebih luas lagi diantaranya seperti bidang keuangan, teknologi informasi, statistik, pendidikan dan bidang lainnya.
Sedangkan dalam lingkup yang kecil yaitu rumah tangga, Excel juga dapat digunakan untuk membuat catatan kas keuangan harian, anggaran belanja dan pengeluaran, menghitung masa subur, menghitung berat badan ideal, dan lain-lain.

Mengolah Data Berbasis Teks dengan Efisien

Sesuai dengan istilahnya dalam bahasa Inggris yang terkenal dengan spreadsheet, susunan Excel terdiri dari baris dan kolom berkotak-kotak sehingga menjadi tabel yang luas dan lebar, menjadi tempat yang tepat dalam merekam dan menyimpan database berupa teks yang biasanya digeluti contohnya seperti pada dunia jurnalis.

Anda juga dapat memanfaatkan Excel untuk mencatat daftar tertentu, selebaran pamflet, label nama, dan kegunaan Excel lainnya untuk menunjang kegiatan harian Anda.

Membuat Laporan yang Ringkas

Data yang awalnya berjumlah banyak, bertumpuk, dan rumit kini dengan Excel dapat dibuat menjadi suatu laporan yang dapat dimuat dalam format yang lebih ringkas sehingga lebih mudah dipahami oleh kebanyakan orang. 

Didukung dengan grafik atau bagan yang tersaji dengan banyak pilihan menarik dan penggunaan yang semakin memudahkan juga efisien, Excel hampir membantu dalam menangani semua bidang pekerjaan.

Mengotomatiskan Excel Cukup Satu Klik Mouse

Terkadang mengerjakan sesuatu dengan Excel terasa sangat membosankan dan memakan waktu, namun dengan memanfaatkan macro VBA Anda akan lebih menikmati pekerjaan yang efisien.  Contohnya perintah-perintah pada menu Excel yang tadinya harus dilakukan dengan langkah secara berulang-ulang kini jika Anda mahir dalam pemrograman Visual Basic, maka Anda dapat menggabungkan langkah-langkah perintah tersebut menjadi satu satu klik saja pada mouse atau keyboard. 

Selain itu, Excel juga mampu mengolah data yang berasal dari sumber dan jenis file pendukung yang berbeda, sehingga pengguna program selain Excel bisa mengimpor pekerjaannya agar proses pekerjaannya dituntaskan melalui akses Excel. Misalnya seorang programmer pengguna dBase dapat mengakses filenya yaitu ekstensi dbf di Excel.