Page Break dalam Excel digunakan jika suatu worksheet memiliki area data tertentu yang akan anda print pada halaman yang berbeda. Biasanya dapat digunakan secara manual melalui menu ribbon Page Layout > Page Setup > Breaks > Insert Page Break seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Tip singkat berikut ini memungkinkan anda untuk menambahkan page break pada worksheet secara otomatis dengan cara mengatur nilai properti suatu sel atau teks. Seperti contoh susunan kode di bawah ini dimana Excel akan melacak sel-sel mana saja yang berisi kata contohnya 'Jumlah' kemudian menambahkan page break tersebut.

Adapun nilai 6 merupakan jumlah karakter dari kata 'Jumlah' yang akan dilacak Excel, anda mungkin ingin mengubahnya sesuai dengan kata anda sendiri. Berikut ini susunan kode yang dapat anda tulis pada module baru:
Sub InsertPageBreaks()
Cells.PageBreak = xlPageBreakNone
Dim X As Range
For Each X In Columns(1).SpecialCells(xlCellTypeConstants)
If Left(X.Value, 6) = "Jumlah" Then
With ActiveSheet
.HPageBreaks.Add Cells(X.Row + 1, 1)
.DisplayAutomaticPageBreaks = True
End With
End If
Next X
End Sub