Hanya Satu Dari Seribu Orang Yang Menghuni Surga

Sebagian besar manusia kelak akan masuk neraka, Allah subhanahu wa ta’ala sendiri menyampaikan informasi betapa sedikitnya orang-orang yang masuk surga dibanding yang masuk neraka.
“Dan sebahagian besar manusia tidak akan beriman - walaupun kamu sangat menginginkannya-.” (QS. Yusuf: 103)
Dalam firman-Nya yang lain, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“Dan Sesungguhnya Iblis Telah dapat membuktikan kebenaran sangkaannya terhadap mereka lalu mereka mengikutinya, kecuali sebahagian orang-orang yang beriman.” (QS. Saba’: 20)
Dalam ayat lain, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya.” (QS. Shaad: 85)
Formasi besarnya penghuni neraka ini bersumber dari Al Qur’anul Karim Wahyu Allah subhanahu wa ta’ala. Lalu seberapa jumlah penghuni neraka itu dan siapakah mereka?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menginformasikan fakta yang sangat miris bahwa manusia yang masuk surga adalah 1:1.000 (setiap 1.000 orang, 999 orang masuk neraka). Artinya, dari setiap 1.000 orang hanya satu orang yang masuk surga sisanya masuk neraka. Informasi ini bukan dari ucapan sembarang orang tapi informasi akurat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentu saja informasi ini membuat kita ngeri. Siapa yang termasuk satu orang yang masuk surga dari setiap 999 orang yang masuk neraka?

Kekhawatiran ini pula yang dirasakan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendengar kabar langsung dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Sa’id bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Allah subhanahu wa ta’ala akan berfirman kepada Adam “Wahai Adam!” Adam menjawab “Aku mendengar panggilan-Mu, aku patuh kepada perintah-perintah-Mu, dan semua kebaikan ada di Tangan-Mu” Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan Adam “Sisihkan para penghuni neraka!” Ada, bertanya “Berapa banyaknya para penghuni neraka?” Allah subhanahu wa ta’ala berfirman “Dari setiap seribu orang ambil 999 orang. Pada saat itu rambut anak-anak berubah menjadi uban, dan setiap wanita hamil akan keguguran secara spontan, dan engkau akan melihat orang-orang seolah-olah mabuk padahal mereka tidak mabuk tetapi azab Allah sangat pedih”. Sampai disini tentu para sahabat begitu sedih, begitu khawatir akan masa depannya di akhirat maka mereka pun bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Ya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, siapa diantara kita yang akan menjadi yang seorang diantara seribu itu?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Bergembiralah, yang seribu orang itu adalah dari Kaum Ya’juj dan Ma’juj sedangkan yang satu orang itu dari kalian.” Kemudian beliau bersabda “Demi yang jiwaku berada di Tangan-Nya aku berharap agar jumlah kamu adalah sepertiga dari penduduk surga.” Para sahabat memuji dan mengagungkan Allah subhanahu wa ta’ala kemudian beliau bersabda “Demi yang jiwaku berada di Tangan-Nya aku berharap seperdua penduduk surga adalah kalian karena kalian dibanding umat-umat lain adalah seperti sehelai bulu putih di tengah-tengah bulu hitam seekor banteng, atau seperti bulatan tanpa bulu di kaki depan seekor keledai.”
Dengan informasi ini tentu kita sangat berharap umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ini menjadi penghuni surga terbanyak diantara umat-umat terdahulu sebagaimana doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar umatnya menjadi mayoritas penghuni surga Allah subhanahu wa ta’ala. Aamiin.