Jika Shaf Shalat Berjama’ah Renggang

Saat shalat berjama’ah, kita diharuskan untuk meluruskan dan merapatkan shaf atau barisan, sedangkan dalam shaf tentunya ada beragam jama’ah, orang tua, anak muda, maupun anak-anak. Terkadang kita menjadi masbuk atau jama’ah yang terlambat, kita melihat ada kerenggangan atau tidak rapat dalam shaf di depan kita sehingga bisa kita isi bilamana ada yang kosong.

Masalahnya, kita tidak tahu apakah renggangnya shaf tersebut cukup untuk kita isi. Apa yang harus kita lakukan? Bolehkah memaksakan masuk barisan? Lalu bagaimana jika ada anak kecil dalam shaf yang tiba-tiba keluar dari shaf berjama’ah? Apakah makmum di belakangnya harus mengisi shaf yang ditinggalkan anak tersebut atau jama’ah harus merapatkan shafnya?

Berikut penjelasan Ustadz Sarwat: Pada dasarnya, barisan shalat itu harus lurus dan rapat sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap kali beliau memimpin shalat berjama’ah itu beliau mengatakan “Tegakkan shaf kalian itu, dirapatkan dan diluruskan.” Jadi rapat dan lurus itu memang sudah dasarnya tinggal nanti kalau orang yang sudah mengerti tentang aturan shalat berjama’ah maka dia akan merapatkan dengan sendirinya. Merapat ini bagian dari keutamaan dari shalat berjama’ah itu.

Terkadang ada orang yang tidak terlalu memahami prinsip shalat berjama’ah karena tidak peduli dengan renggangnya shaf itu. Seharusnya yang dilakukan adalah kalau ada yang renggang-renggang itu maka dirapatkan tanpa harus menempel antara bahu dengan bahu, lutut dengan lutut, mata kaki dengan mata kaki, tidak harus selalu begitu karena tujuan shalat itu bukan menempelkan bahu dan sebagainya tapi setidaknya juga tidak membuat celah/jarak yang kemudian malah menjadi tidak rapat.

Kalau kita menemukan di shaf paling belakang kita datang sebagai masbuk ternyata shaf ini ada yang renggang maka kita lihat dahulu seberapa besar celah/jaraknya itu, kalau kita sekiranya dapat muat disana karena luas tanpa harus mengganggu atau mengusik atau membuat orang menjadi tidak konsentrasi maka kita bisa merapatkan shaf itu.