Hukum Permintaan Orang Tua Kepada Anaknya Untuk Mengasuh Cucunya

Sebagian orang tua bahkan yang sudah lanjut usia seringkali meminta kepada anaknya agar cucunya tinggal bersama dirinya supaya tidak kesepian. Tetapi tak jarang, keberadaan cucu justru membuat neneknya kerepotan. Lantas bagaimana menurut pandangan syariat agama? Bolehkah anak menolak permintaan orang tuanya untuk mengasuh cucunya?

Salah satu fitrah manusia adalah suka kepada anak kecil apalagi seorang nenek kepada cucunya. Hal inilah yang kemudian membuat nenek ingin mengasuh cucunya. Lalu bagaimana jika anaknya menolak sang cucu diasuh oleh sang neneknya?

Menurut para ulama, permintaan orang tua kepada anaknya untuk mengasuh cucunya merupakan permintaan yang hukumnya mubah dan diperbolehkan selama disepakati oleh keduanya namun jika anaknya menolak maka hal ini juga tidak apa-apa karena hak asuh anak pada orang tuanya dan bukan pada neneknya kecuali apabila ibunya meninggal dunia maka yang lebih berhak atas hak asuh anak adalah nenek dari pihak ibu, menurut kesepakatan para ulama.

Lalu apakah anak berdosa karena menolak permintaan orang tuanya ini? Bagaimana jika tanpa diminta, cucu diserahkan kepada neneknya untuk dirawat dan diasuh?

Bila anak menyerahkan atau menitipkan cucunya kepada neneknya maka jika masih dalam batas kesanggupan dan sang nenek bersedia untuk melakukan tugas itu tanpa memberatkannya maka ini boleh-boleh saja meskipun sebenarnya nenek berhak untuk menolaknya karena memang bukan kewajibannya.

Akan tetapi jika orang tuanya tidak sanggup untuk menjaga dan merawat cucunya karena faktor usia yang sudah uzur maka dalam hal ini anak telah membebani orang tuanya dengan sesuatu yang diluar kemampuannya dan hukumnya tidak boleh bahkan orang tua wajib menolaknya karena Allah saja tidak membebani seorang hamba diluar kemampuannya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al Baqarah: 286)
Karena itu, jika orang tua menolak untuk mengasuh cucunya maka ia tidak berdosa, sementara jika anak memaksakan kehendaknya diluar kemampuan orang tuanya yang sudah uzur maka justru dia yang berdosa.

Selain itu, memberi tugas menjaga dan merawat cucu kepada orang tua yang sudah udzur merupakan perbuatan yang tidak terpuji dan membahayakan anak maka sebaiknya dihindari. Wallahu a’lam bishshawab.