Haruskah Istri Meminta Izin Ke Suami Jika Ingin Bersedekah Dengan Uangnya Sendiri?

Dalam kehidupan suami istri, umumnya istri memiliki tugas mengatur keuangan rumah tangga. Artinya, keluar masuknya uang, ada di tangan istri sehingga kebanyakan istri ketika akan menggunakan uang yang diberikan oleh suaminya harus izin terlebih dahulu. Ini juga berlaku jika sang istri ingin bersedekah.

Dalam Islam, istri tidak boleh bersedekah atau infak tanpa izin suami. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidak boleh bagi seorang perempuan yang bersuami untuk membelanjakan harta pribadinya tanpa seizin suaminya.” (HR. Abu Dawud, Nasa'i, dan Ibnu Majah)
Lalu bagaimana jika istri yang memiliki uang dari hasil kerjanya sendiri, apakah tetap harus izin ke suami jika ingin bersedekah atau infak?

Berikut penjelasan Ustadz Sarwat: Seorang suami ketika dia memberikan uang hasil darinya bekerja kepada istrinya ini ada dua macam:
  1. Sifatnya sebagai istri yang menjaga uangnya seperti kasir atau bendaharanya. Kalau ini adalah uang kas keluarga, dalam arti istri bekerja sebagai kasir/bendahara keluarga maka ketika dia mengeluarkan sesuatu sudah seharusnya dia minta izin dahulu setidaknya kepada suaminya.
  2. Menjadi nafkah eksklusif bagi sang istri sehingga menjadi milik sang istri maka pada dasarnya tidak perlu meminta izin karena itu uang pribadinya. Hanya saja dalam pelaksanaannya istri boleh bercerita tentang uang miliknya yang dipakai misalnya untuk sedekah, infak, dan sebagainya kepada suami atau anggota keluarganya.