Menangkal Jin dan Setan Dengan Membaca Surah Al Baqarah

Terkait dengan keberadaan jin dan setan di tengah-tengah kita, rumah kita yang termasuk menjadi target setan atau jin untuk memasukinya. Dalam hal ini, banyak orang yang meyakini bahwa rumah yang selama tiga hari tidak dibacakan surah Al Baqarah akan dimasuki setan, apakah hal ini memang dibenarkan dalam syariat agama?

Tidak ada keterangan yang shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau dari Al Qur’an bahwa rumah yang di dalamnya tidak dibacakan surah Al Baqarah selama tiga hari akan dimasuki setan akan tetapi keterangan yang termaktub dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah bahwa rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al Baqarah maka setan akan lari darinya. Inilah yang dituturkan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Jangan kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surah Al Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim)
Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu ‘anhu juga menuturkan,
“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Bacalah surah Al Baqarah, sesungguhnya mengambilnya itu berkah, meninggalkannya adalah kerugian, sihir tidak mampu mengalahkannya”.” (HR. Muslim)
Lalu bagaimanakah mempraktekkan hadits ini? Apakah menangkal jin atau setan dari rumah kita itu berarti harus membacakan surah Al Baqarah yang sangat panjang itu atau cukup membaca sebagiannya saja?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan tentang keutamaan surah Al Baqarah yang agung secara keseluruhan. Beliau juga menjelaskan keutamaan sebagian ayat-ayatnya seperti Ayat Kursi dan dua ayat terakhir surah Al Baqarah tentang keutamaan dan faedahnya yang membuat setan lari dari rumah yang dibacakan surah Al Baqarah di dalamnya, melindungi dari sihir, serta mengobatinya, datang secara umum.

Berarti tidak disyaratkan harus dibacakan seluruhnya dalam satu waktu. Berarti surah ini boleh dibacakan sebagiannya dahulu lalu dilanjutkan di waktu lain walaupun dibacakan keseluruhan dalam satu waktu itu lebih baik dan lebih utama. Wallahu a’lam.