Keistimewaan Hewan Unta

Hewan unta merupakan salah satu hewan yang diistimewakan di dalam Al Qur’an karenanya hewan unta memiliki banyak keutamaan dibalik penciptaannya.

Dalam Al Qur’an sendiri hewan unta telah disebutkan sebanyak 21 kali dan salah satu surah yang menyebutkan tentang penciptaan hewan unta terdapat pada surah Al Ghaasyiyah ayat 17 hingga 21. Berikut Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya:
“Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan,” (QS. Al Ghaasyiyah: 17)
Dari ayat tersebut tentu telah jelas bahwa dibalik tujuan penciptaannya sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala memiliki maksud yang baik untuk setiap manusia berpikir.

Karenanya unta diberi kelebihan dapat hidup delapan hari tanpa makan dan minum kemudian gigi dan perutnya dapat mengolah makanan yang tajam dan berduri di padang pasir lalu kelopak mata dan hidung pada unta dapat melindungi terpaan badai pasir hingga desain kaki unta yang dapat menahan bobot berat bahkan dari panasnya padang pasir sekalipun.

Itulah keistimewaan yang telah diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada hewan unta. Semoga dapat menambah keimanan kita semua untuk selalu bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas segala apa yang telah diciptakan-Nya karena sesungguhnya banyak hikmah dibalik penciptaan setiap makhluk-Nya. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.