Cara Menjadi Menantu Idaman Mertua

Siapapun ingin menjadi menantu idaman, namun tak semua orang bisa dengan cepat mendapat predikat itu karena memang tak mudah menyesuaikan diri terhadap perbedaan diantara menantu dan mertua. Lalu bagaimanakah caranya agar bisa menjadi menantu idaman?

Selalu berpikir positif pada mertua

Seringkali seorang menantu merasa resah ketika melakukan sesuatu karena takut hal tersebut tidak disukai oleh mertuanya padahal sebagai menantu secara tidak langsung ia telah menjadi anak bagi mertuanya, maka seharusnya bisa lebih percaya diri dan membangun pikiran positif agar hubungan mertua dan keluarga pasangan berjalan dengan baik dan saling percaya.

Menghormati mertua seperti orang tua sendiri

Mertua sudah menjadi orang tua juga karenanya dianjurkan untuk menghormati orang tua seperti menghormati orang tua sendiri. Buatlah mertua merasa dihargai misalnya dengan cara menghargai privasi mereka dan mau mendengarkan setiap nasihat yang diberikan karena biasanya meskipun anaknya telah berumah tangga dengan kita, mertua selalu ingin yang terbaik bagi anaknya walaupun belum tentu sependapat dengan sang menantu. Untuk hal ini, sebaiknya kita perlu melatih diri untuk bisa menerima nasihat dari mertua karena sejatinya setiap pendapat orang tua maupun mertua pastinya ingin yang terbaik untuk anak-anaknya.

Peka terhadap mertua

Ini adalah tips selanjutnya agar menjadi menantu idaman. Kita bisa memulainya dengan mengamati kebiasaan-kebiasaan apa saja yang disukai dan tidak disukai mertua misalnya dalam hal selera makanan, pakaian, atau kebiasaan sehari-hari lainnya karena jika kita peka terhadap semua hal tersebut maka mertua akan selalu mengingat dan merasakan kepedulian yang kita berikan.

Melayani mertua dengan tulus

Melayani mertua adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan seorang menantu, walaupun misalnya kita dan mertua tidak tinggal di dalam satu rumah, kita tetap bisa melayani mertua dalam berbagai hal, misalnya ketika berkunjung ke rumah mertua kita membantu membersihkan piring atau sekedar menyapu, kemudian menemani mertua ketika butuh teman berbelanja atau merawat orang tua ketika sedang sakit. Jika semua kita lakukan dengan tulus, percayalah! Pasti akan banyak hal positif yang kita terima dari mertua.

Berkomunikasi yang baik dengan mertua

Komunikasi tidak hanya membuat seorang menantu menjadi dekat dengan mertua, tapi juga dapat membangun rasa saling peduli dalam keluarga. Untuk itu, selalu diskusikan hal-hal yang berhubungan dengan keluarga misalnya ketika pasangan kita mengalami kendala mintalah juga pendapat dari mertua karena mertua adalah orang yang paling memahami tentang pasangan kita yang merupakan anaknya. Selain mendekatkan komunikasi dengan baik juga dapat menghindari kesalahpahaman antara menantu dan mertua.