Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara menyalin suatu barisan sel yang berisi rumus kepada sel lainnya dalam sheet yang sama. Pada saat anda menyalinkan suatu sel yang berisi rumus atau formula tersebut, maka Excel akan menghasilkan output dengan acuan semua sel relatifnya akan ikut berpindah mengikuti rumus yang telah disalinkan pada sel yang lain.


Dengan demikian, untuk menghasilkan output berupa rumus yang sama persis maka anda harus menyalinkan isi rumus dalam sel seperti contoh worksheet yang ditunjukkan pada gambar di atas yakni sel E10 disalin pada sel G14.

Cara ini hanya berlaku untuk menyalinkan satu sel saja, sehingga untuk menyalin barisan sel (dalam contoh sel E10:E12) maka anda dapat menampilkan isi rumus agar dapat disalin seluruhnya melalui menu ribbon Formulas > Formula Auditing > Show Formulas. Hasil salinan tersebut selanjutnya diolah ke dalam aplikasi editor teks dalam Windows yakni Notepad atau Microsoft Word. Adapun langkah-langkahnya ditunjukkan sesuai dengan gambar di bawah ini:


  1. Tekan tombol pintas CTRL+` pada keyboard (tombol di atas Tab atau sebelum tombol angka 1) untuk menampilkan fitur Show Formulas.
  2. Sorot barisan sel yang akan disalin dengan cara menekan tombol CTRL+C.
  3. Buka aplikasi Notepad, kemudian klik kanan > Paste.
  4. Sorot seluruh rumus pada Notepad, tekan tombol CTRL+C, lalu buka kembali Excel.
  5. Tekan kembali CTRL+`.
  6. Tempatkan pointer pada sel salinan lalu Paste.