Tips Excel Menyisipkan Subtotal Tambahan Pada Suatu Data

Seperti yang telah dijelaskan dalam posting sebelumnya tentang Cara Cepat Membuat Subtotal Otomatis Dengan Excel, tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara menambahkan subtotal lainnya jika terdapat sub kategori di dalam suatu kategori kelompok data. Contohnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, terdapat data yang akan dihasilkan berupa subtotal untuk seluruh kategori beserta subtotal pada masing-masing sub kategorinya.


Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:
  1. Pastikan agar setiap kolom telah diberikan label/judulnya pada baris pertamanya dan pastikan pula tidak ada baris atau kolom yang kosong dalam barisan sel data tersebut.
  2. Letakkan pointer di dalam barisan sel lalu buka menu ribbon tab Data > Outline > Subtotal.
  3. Dalam contoh, subtotal yang dihasilkan pertama kali yaitu untuk kolom pertama sehingga pada kotak pilihan di bawah tulisan 'At each change in:' pilih 'Kategori Pekerjaan' dan opsi 'Replace current subtotals' dapat anda abaikan. Klik OK.
  4. Buka kembali kotak dialog Subtotal untuk menyisipkan subtotal untuk kolom kedua yakni 'Sub Kategori Pekerjaan', namun pastikan kali ini agar opsi 'Replace current subtotals' tidak ditandai centang. Lalu Klik OK.
Jika anda ingin mengembalikan data seperti semula, anda tidak perlu menyoroti barisan sel, letakkan saja pointer dalam barisan sel tersebut kemudian buka kembali kotak dialog Subtotal dan klik tombol 'Remove All'.