Tips Excel Menggambar Dan Menghapus Garis Border Sel

Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara cepat dalam menggunakan macam-macam perintah border [garis tepi] untuk ditambahkan di sekeliling sel atau barisan sel dalam worksheet. Seperti contoh worksheet yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini terdapat bagan suatu pertandingan dimana garis-garis bagan tersebut menggunakan border sel.


Pada menu ribbon tab Home > grup Font > opsi Border lainnya, terdapat lima macam perintah 'Draw Borders' diantaranya yakni 'Line Style' dengan berbagai jenis garis yang tersedia, setelah anda memilih garis maka kursor menjadi icon pensil yang menandakan perintah 'Draw Border' diaktifkan. 'Draw Border' adalah perintah untuk menambahkan satu buah garis tepi dalam satu sel, sedangkan 'Draw Border Grid' digunakan untuk menambahkan garis di semua tepi sel.

Untuk mengaktifkan perintah 'Draw Border Grid' anda  tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard sambil memilih sel mana saja yang akan ditambahkan jenis border tersebut. Adapun langkah-langkahnya seperti yang ditunjukkan dalam contoh. Perintah 'Draw Borders' lainnya ialah 'Erase Border' untuk menghapus satu buah garis tepi yang dapat diaktifkan dengan cara tekan dan tahan tombol SHIFT sambil anda klik garis tepi yang akan dihilangkan.