Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara alternatif dari fitur Conditional Formatting dalam Excel yakni menandai sel-sel yang berisi suatu data entri dengan menggunakan fitur Data Validation, dimana data tidak validnya saja yang akan ditandai dengan lingkaran berwarna merah.

Fungsi fitur Data Validation dalam Excel selain dapat memberikan peringatan terhadap nilai sebelum akan di-entri ke dalam suatu sel, fitur ini juga dapat mengidentifikasi nilai mana saja yang tidak valid setelah nilai tersebut di-entri ke dalam worksheet.


Seperti contoh worksheet yang ditunjukkan pada gambar di atas, dimana terdapat sekumpulan data berupa angka-angka dalam barisan sel B3:K23. Adapun angka yang akan ditetapkan sebagai angka yang tidak valid adalah angka selain 1 hingga 7.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:
  1. Sorot barisan sel B3:K23.
  2. Buka menu ribbon Data > Data Tools > Data Validation > Data Validation...
  3. Pilih kriteria 'Whole number' pada kotak pilihan dibawah tulisan 'Allow:' kemudian masukkan nilai Minimum: 1 dan Maximum: 7, lalu klik OK.
  4. Untuk menampilkan tanda lingkaran merah pada sel-sel yang tidak valid tersebut, buka menu ribbon Data > Data Tools > Data Validation > Circle Invalid Data. Untuk menyembunyikan tanda, anda dapat memilih menu 'Clear Validation Circles'.