Dalam Excel terdapat salah satu fitur yang memungkinkan suatu teks dan bilangan pada barisan sel tertentu agar dapat dibacakan dengan suara melalui sistem komputer yakni Text-To-Speech. Mulai dari versi 2007 fitur TTS ini hanya dapat diaktifkan dengan cara menambahkan perintah speech tersebut pada Quick Access Toolbar (QAT) pada versi 2007 dan grup menu baru di tab Review menu Ribbon untuk versi 2010 dan setelahnya.

Untuk versi Excel 2007, berikut ini langkah-langkah mengaktifkan menu Speech pada QAT:
  1. Klik tombol Office > Excel Options.
  2. Pada kotak dialog Excel Options, pilih 'Customize'.
  3. Pada kotak pilihan dibawah tulisan 'Choose commands from:', pilih 'Commands Not in The Ribbon'.
  4. Scroll ke bawah dan pilih menu Speak yang tersedia (terdapat 5 jenis menu Speak) dan klik tombol 'Add>>', lalu klik OK.
Untuk versi 2010, menu Speech dapat ditampilkan melalui tab Review pada menu Ribbon dengan cara sebagai berikut:
  1. Klik-kanan menu Ribbon dan pilih 'Customize the Ribbon' hingga tampil tab Customize Ribbon pada kotak dialog Excel Options.
  2. Pilih Review kemudian klik New Group.
  3. Klik Rename dan tuliskan namanya contoh: Speech.
  4. Klik daftar drop-down disebelah kiri lalu pilih 'Commands Not in the Ribbon'.
  5. Scroll ke bawah dan anda akan menemukan lima jenis menu dimulai dengan kata Speak, pilih menu tersebut lalu klik tombol 'Add>>' Klik OK untuk menutup kotak dialog Excel Options.
Adapun cara membaca suatu barisan sel, sorot pada barisan sel yang terdapat teks atau bilangan kemudian klik tombol 'Speak Cells'. Anda juga dapat menentukan orientasi pembacaannya dengan mengaktifkan menu By Columns atau By Rows. Selain itu untuk membaca teks atau bilangan setelah ditekan tombol Enter, anda aktifkan tombol 'Speak On Enter'.

Jika anda ingin menyesuaikan pengaturan suara dalam sistem Windows, anda dapat membuka opsi Control Panel > Speech. Terdapat pilihan jenis suara dan pengaturan kecepatan suara yang dapat anda sesuaikan.

Tip berikutnya adalah cara membuat Excel memberikan peringatan/laporan untuk memonitor sel tertentu dengan suara pada komputer menggunakan pemrograman macro VBA sederhana. Sebagai contoh, jika sel A1 dimasukkan suatu angka atau berisi suatu jumlah total, maka Excel akan mengucapkan kalimat yang dapat anda tentukan sendiri, misalnya seperti dalam susunan kode macro di bawah ini.
Private Sub Worksheet_Change(ByVal X As Range)
With Application.Speech
Select Case Range("A1")
Case Is < 10: .Speak "Nop."
Case 10 To 100: .Speak "OK,"
Case Is > 100: .Speak "Stop!"
End Select
End With
End Sub
Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:
  1. Klik-kanan tab Sheet lalu pilih View Code.
  2. Tulis kode macro diatas, lalu buka kembali Excel untuk pengujian kode.
  3. Ketik angka 15 pada sel A1, maka Excel akan mengatakan 'OK!'.