Anda mungkin dapat menyembunyikan beberapa worksheet secara bersamaan, namun Excel tidak menyediakan menu khusus untuk membuka worksheet yang tersembunyi tersebut secara cepat dan bersamaan pula. Tip singkat berikut ini akan menunjukkan kode macro sederhana yang dapat anda gunakan untuk membuka sheet-sheet yang tersembunyi yaitu dengan metode kode For Each dan Next.

Cara Unhide Sheet Excel Sekaligus dengan Macro VBA

Jika metode For dan Next (pada posting yang lalu tentang Cara Mengulangi Perintah Yang Sama Beberapa Kali dengan Macro Excel) digunakan dengan cara menentukan dari berapa ke berapa banyaknya jumlah pengulangan perintah, maka metode For Each dan Next hanya memasukkan nama perintahnya saja.

Adapun kode macro yang digunakan contohnya sebagai berikut:
Sub BukaSheet()
Dim buka As Worksheet
For Each buka In Worksheets
buka.Visible = xlSheetVisible
Next buka
End Sub 
Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:
  1. Buat workbook baru dan tambahkan beberapa sheet baru.
  2. Sembunyikan beberapa sheet yang anda inginkan. Dapat dilakukan dengan cara tekan dan tahan tombol CTRL keyboard sambil klik tab-tab sheet yang akan disembunyikan lalu klik kanan pilih Hide, atau dapat pula dengan cara klik kanan salah satu tab sheet lalu pilih 'Select All Sheets' lalu tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard sambil klik salah satu sheet yang tidak disembunyikan dan klik kanan lalu pilih Hide.
  3. Tekan ALT+F11 untuk menampilkan VBE.
  4. Buka menu Insert > Module
  5. Tulis kode macro di atas pada jendela Module1.
  6. Buka Excel kembali lalu tekan ALT+F8.
  7. Pada kotak dialog Macro pilih 'BukaSheet' lalu klik 'Run'.

Terakhir diperbarui tanggal: 29/7/2020