Variabel dalam VBA Excel adalah penyimpan data atau suatu nama data yang dapat anda tentukan namanya sendiri untuk memudahkan anda menemukan data tersebut sehingga dapat ditampilkan pada saat anda tuliskan/perintahkan di Excel. Suatu variabel dituliskan secara berurutan terdiri dari empat kode yakni Dim, nama variabel yang anda buat, kode yang berbunyi 'As', dan jenis data yang akan anda gunakan.

Dalam contoh yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana membuat macro dengan cara menuliskan variabel tanpa menggunakan Macro Recorder. Adapun jenis data yang digunakan pada variabel contohnya adalah String yang digunakan untuk mengolah teks dalam suatu sel sebagai acuan.


Berikut ini penjelasan langkah-langkah dalam gambar tersebut:
  1. Tulis suatu teks contohnya 'Test' di sel C2.
  2. Tekan ALT+F11 untuk membuka VBE.
  3. Buat sebuah module dengan cara pilih menu Insert > Module.
  4. Ketik nama macro yang diawali dengan kode Sub contohnya Sub Latihan() lalu tekan Enter.
  5. Pada baris kosong di antara Sub Latihan() dan End Sub, anda ketik kode dengan nama variabel contohnya Cdua sehingga ditulis: Dim Cdua As String lalu tekan Enter.
  6. Nyatakan kepada VBA bahwa variabel Cdua adalah sama dengan nilai pada sel C2 yakni tulisan 'Test'. Maka tuliskan: Cdua = Range("C2").Value
  7. Kemudian anda perintahkan variabel tersebut agar ditambahkan kata contohnya 'OK!' pada sel G2 sehingga anda dapat membuat kata 'Test OK!' yang ditulis secara programatis. Tuliskan: Range("G2").Value = Cdua & " OK!"
  8. Buka kembali Excel lalu jalankan Macro dengan nama Latihan dan klik tombol Run.

Kode variabel VBA akan sangat penting untuk anda pelajari lebih mendalam lagi sehingga memudahkan anda menuntaskan pekerjaan Excel yang rumit secara efisien contohnya seperti pengulangan langkah pekerjaan dalam Excel dan lain-lain menggunakan Macro VBA.