Download Contoh Form Entri Database Worksheet Excel [VBA]

File/Workbook Excel yang saya bagikan ini disusun menggunakan kode pemrograman Macro/Visual Basic untuk dapat memproses aktivitas entri data Excel melalui formulir di sel-sel input pada sheet yang satu agar dikumpulkan ke sel-sel di sheet lainnya sebagai output database.

Worksheet didalamnya dapat merekam kolom entri sebanyak mungkin dengan bantuan pemahaman coding VBA (dimana batas form entri Excel yang hingga kini hanya dapat digunakan sebanyak 32 kolom saja). Anda dapat memasukkan data dimulai dari sheet 'Entri' yaitu barisan sel input D5:D105 dan E5:E105 untuk menandai kolom yang wajib diisi dengan cara memberikan tanda bintang (*) pada sel yang dipilih. Sedangkan Sheet 'Data' berisi daftar yang dihasilkan dari proses entri tersebut secara otomatis.

Tombol navigasi untuk memonitor dan mengelola data berdasarkan nomor urut dan tombol perintah lainnya telah dilengkapi dalam file ini sehingga dapat memudahkan pekerjaan anda.

Untuk menggunakan file ini terlebih dahulu anda harusmengaktifkan macro Excel, pastikan agar pengaturan macro security level di-set menjadi 'Enable all macros' atau dengan menandai centang pada 'Trust access to the VBA project object model' melalui menu tab Developer > Code > Macro Security. Jika tab Developer tidak terlihat pada menu ribbon, klik tombol Office lalu pilih 'Popular' dan tandai centang pada 'Show Developer tab in the Ribbon'. Klik OK.
Nama File: Contoh-Form-Entri-Data-Worksheet-bukuyudi.xlsm
Ukuran: 41 KB