Cara Membuat Bagan Organigram Dalam Excel Alternatif SmartArt dan Visio

Dalam Excel terdapat menu pengolah grafik/ilustrasi yang salah satunya berguna untuk membuat bermacam-macam bagan/grafik yakni SmartArt Graphic. Menu ini menghasilkan tampilan yang menarik pada bagan yang dapat dibuat sesuai dengan tema yang dipakai dan bahkan dapat dibuatkan animasinya serta penggunaannya yang sangat mudah dan otomatis, namun menu ini hanya dapat menampung daftar yang terbatas.

Disamping itu, terdapat pula salah satu jenis aplikasi Office yang dikhususkan untuk mengolah bagan yaitu Visio. Namun apabila anda tidak memiliki aplikasi Visio, maka anda dapat menggunakan aplikasi Add-in dalam Office melalui menu Insert > Text > Object yakni 'Organization Chart Add-in for Microsoft Office programs'.


Aplikasi Add-in tersebut mampu menghasilkan fitur-fitur rancangan bagan yang tidak tersedia dalam menu SmartArt maupun Visio. Sehingga memungkinkan anda untuk membuat bagan organigram tersebut menjadi lebih fleksibel. Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi add-in tersebut. Seperti contoh ilustrasi langkah-langkah yang ditunjukkan pada gambar di atas untuk membuat contoh organigram manajer ganda. Berikut ini langkah-langkah tersebut:
  1. Buka menu Insert > Text > Object, pilih 'Organization Chart Add-in for Microsoft Office programs' lalu klik OK.
  2. Anda dapat menghapus kotak dengan cara menandai/menyorot kotak tertentu dengan menekan tombol SHIFT lalu menekan tombol DELETE.
  3. Pilih 'Subordinate' untuk menambahkan karyawan lalu klik pada kotak manajer dan berikan namanya.
  4. Klik kotak manajer lalu buka menu Styles dan klik tombol icon disamping 'Co-manager:'.
  5. Pilih 'Co-worker' untuk menambahkan manajer-manajer lainnya.
  6. Anda selanjutnya dapat menyesuaikan tampilan bagan tersebut dengan menggunakan menu-menu lain yakni diantaranya Boxes atau Lines.
Untuk menambahkan/menggambar garis atau kotak tambahan pada bagan tersebut, anda dapat membuka menu View > Show Draw Tools dan menu untuk menggambar tersebut ditampilkan pada toolbar dengan pilihan menu: tombol Line, Diagonal Line, Dotted Line Reporting untuk membuat garis stip serta Rectangle untuk membuat kotak.