Trik Mengubah Daftar Teks Dalam Baris Excel Menjadi Kalimat Selebar Ukuran Kolom Sel

Meskipun Excel bukanlah aplikasi yang ideal untuk mengolah kata, namun tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara yang memungkinkan anda dalam menangani suatu baris-baris sel yang telah berisi daftar teks yang tersaji secara terpisah contohnya teks hasil impor dari aplikasi lain ke dalam Excel, dimana teks tersebut akan disajikan menjadi suatu kalimat yang tergabung sebagaimana mestinya dengan mengikuti ukuran lebar kolom sel yang anda tentukan.


Gambar di atas mengilustrasikan langkah-langkah pada suatu contoh daftar teks di dalam worksheet
yang dijelaskan ke dalam langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Dalam contoh gambar di atas, terdapat teks di sel B2 hingga B14, anda ubah ukuran lebar kolom sel sesuai keinginan yang dapat dilakukan dengan cara klik kanan heading B kemudian pilih 'Column Width...' untuk membuka kotak dialognya lalu tentukan besarnya ukuran kolom tersebut atau anda dapat pula melakukannya dengan cara menggeser/drag mouse pada tepi heading B ke arah kanan.
  2. Setelah itu, anda pastikan kolom B masih tersorot kemudian buka menu ribbon Home > Editing > Fill > Justify.
Dalam gambar, output yang dihasilkan adalah dua baris kalimat sesuai dengan ukuran kolom yang telah ditentukan.

Fitur Justify hanya dapat digunakan pada baris-baris sel yang berisi teks sehingga tidak dapat digunakan pada teks yang tersaji dalam kolom-kolom sel. Selain itu, fitur ini juga tidak berlaku pada baris-baris sel yang berisi sekumpulan rumus atau bilangan, meskipun terdapat suatu teks diantaranya.