Rumus Excel Menghitung Tanggal Menurut Bilangan Hari, Minggu, Bulan dan Tahun Yang Diketahui

Berikut ini tip sederhana yang dapat anda ikuti untuk lebih memudahkan anda dalam memahami perhitungan hari/tanggal menggunakan fungsi-fungsi waktu dalam Excel menurut bilangan-bilangan yang telah diketahui yakni bilangan hari, minggu, bulan dan tahun tertentu. Dimana dari keempat bilangan tersebut akan dihasilkan hari atau tanggal berapakah tepatnya waktu tersebut akan jatuh. Contohnya pada hari/tanggal berapakah apabila diketahui tanggal tersebut merupakan hari ketiga di minggu kedua pada bulan pertama tahun 2016?

Langkah Pertama: Menghitung Tanggal Sebelum Tanggal Awal Bulan

Untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu anda masukkan data bilangan yang telah diketahui ke dalam worksheet seperti pada sel B1 hingga B4 yang ditunjukkan pada gambar di atas, kemudian anda hasilkan tanggal awal pada sel D1 berdasarkan bulan dan tahun yang diketahui (Sel B3 dan B4). Rumus yang digunakan pada sel D1 yakni:
=DATE(B4,B3,1)
Adapun untuk menampilkan format sel pada hari/tanggal dalam bahasa Indonesia seperti contoh dalam gambar, anda dapat menggunakan menu kategori 'Custom': [$-421]dddd, dd mmmm yyyy;@ melalui kotak dialog Format Cells > Number yang dapat ditampilkan dengan menekan tombol CTRL+1.

Tanggal awal pada sel D1 tersebut di atas kemudian ditambahkan dengan bilangan hari di sel B1, sehingga rumus sel F1:
=D1+B1
Berikutnya, hasil pertambahan rumus di atas dikurangi dengan bilangan hari dalam satu minggu menurut tanggal awal yang telah dihasilkan fungsi DATE pada sel D1 agar dapat diketahui berapa hari tepatnya suatu tanggal sebelum tanggal awal bulan tersebut. Untuk menghasilkan bilangan hari, anda dapat menggunakan fungsi WEEKDAY pada sel D2:
=WEEKDAY(D1)
Setelah itu, gunakan operasi pengurangan pada sel F2:
=F1-D2

Langkah Kedua: Menghitung Jumlah Hari/Tanggal Menurut Bilangan Minggu

Langkah terakhir yang dapat anda ikuti adalah mengalikan jumlah hari dalam seminggu dengan bilangan minggu yang telah diketahui pada sel B2, dengan ketentuan jika bilangan hari lebih besar atau sama dengan bilangan hari yang telah dihasilkan pada sel D2, maka bilangan minggu harus dikurangi dengan angka 1. Sehingga untuk menghasilkan angka tersebut, anda dapat menggunakan rumus logika (TRUE/FALSE) dimana dalam Excel nilai TRUE merupakan angka 1 sedangkan FALSE adalah 0. Rumus pada sel D3 dapat ditulis:
=B1>=D2
Kemudian anda tuliskan rumus berikut pada sel D4:
=(B2-D3)*7
Dan anda jumlahkan nilai yang telah dihasilkan oleh rumus di sel F2 dengan nilai yang telah dihasilkan oleh rumus sel D4 di atas pada sel F4:
=F2+D4