Rumus Excel Menghitung Tanggal Akhir Bulan

Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara menghasilkan hari atau tanggal akhir dari bulan tertentu berdasarkan tanggal yang tertulis di dalam suatu sel dengan menggunakan fungsi DATE. Sebagai contoh, di dalam sel B3 tertulis 'Senin, 1 Februari 2016' yang merupakan tanggal awal bulan Februari yang akan dihasilkan hari/tanggal akhir bulan tersebut pada sel C3 menjadi Senin, 29 Februari 2016.


Dalam Excel format penulisan tanggal tersebut adalah mm/dd/yyyy atau 2/1/2016 jika 'Locale' yang anda gunakan 'English (U.S.)', namun anda dapat mengubahnya sendiri ke dalam format bahasa Indonesia dengan cara mengubah 'Locale' menjadi 'Indonesian' melalui Format Cells > Number dan memilih kategori yakni 'Date' atau kategori Custom dengan cara menuliskan [$-421]dddd, d mmmm yyyy;@ pada kotak isian 'Type:'.

Untuk menghasilkan tanggal akhir bulan anda dapat melakukan penyesuaian terhadap fungsi DATE yaitu dengan cara memberikan nilai 0 pada argumen ketiganya atau 'day'. Adapun argumen pertama menggunakan fungsi YEAR dan argumen kedua berisi fungsi MONTH, sehingga penulisannya sebagai berikut:
=DATE(YEAR(B3),MONTH(B3),0)
Rumus tersebut menghasilkan tanggal tepatnya 'Minggu, 31 Januari 2016' atau satu hari sebelum tanggal dalam sel B3, dengan demikian anda dapat menambahkan fungsi MONTH dengan angka 1 agar menghasilkan tanggal akhir bulan Februari seperti yang ditunjukkan pada langkah-langkah sesuai dengan gambar di atas.