Trik Mengubah Tanda Minus/Negatif Dalam Excel

Tip yang singkat berikut ini mungkin bermanfaat bagi anda untuk dapat menyesuaikan format bilangan negatif dengan cara memindahkan dan menghilangkan tanda minus/negatif tersebut dalam Excel.

Untuk memindahkan tanda minus ke sebelah kanan bilangan, anda dapat menggunakan Custom Number melalui kotak dialog Format Cells dengan penulisan: General;General- sedangkan untuk menghilangkan tanda minus, anda cukup menuliskan General;General pada kotak isian 'Type:'.


Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas yakni suatu contoh worksheet yang telah berisi bilangan untuk dihasilkan output diantaranya bilangan-bilangan negatif yang dapat anda ubah tampilan tanda minusnya.

Untuk menampilkan kotak dialog Format Cells, anda klik icon yang paling kecil di sebelah ribbon tab kontekstual 'Number' dalam menu ribbon Home atau dapat pula dilakukan dengan cara menekan tombol CTRL+1 pada keyboard secara bersamaan.

Tampilan bilangan lainnya yang dapat anda tuliskan pada kotak dialog Format Cells contohnya seperti: #,##0.00_-;###0.00- sehingga dapat menghasilkan output berupa bilangan yang disertai dua desimal dan penempatan bilangan positif agar memiliki spasi di sebelah kanan dengan adanya penambahan tanda garis bawah dan tanda minus pada bilangan positif tersebut.

Untuk menghilangkan tanda minus pada bilangan negatif, anda dapat menuliskan tampilan lainnya juga seperti di atas hanya saja tanda garis bawah dan tanda minusnya dihilangkan menjadi #,##0.00;###0.00