Trik Membuat Coretan dan Penanda Pada Worksheet Area Excel

Tip berikut ini akan menjelaskan salah satu perintah yang terdapat dalam Excel namun tidak ditampilkan pada menu ribbon jika tidak terhubung dengan perangkat tertentu dan tidak tersedia pula pada Excel sebelum versi 2016 namun anda tetap dapat mengaktifkan salah satu perintah ini yakni 'Ink Annotations' melalui Toolbar Quick Access seperti contoh penggunaannya ditunjukkan pada kedua gambar di bawah ini.



Fitur Pen dan Ink hanya tersedia pada menu ribbon Draw pada Office 2016. Sedangkan untuk versi sebelumnya hanya tersedia bagi komputer tablet dengan versi Windows tertentu. Perintah ini sangat bermanfaat untuk memberikan keterangan dalam mengevaluasi nilai-nilai tertentu dalam worksheet atau dapat pula digunakan untuk membuat sketsa/konsep data yang dapat dikoneksikan melalui perangkat digitizer atau layar sentuh.

Anda dapat pula menggunakan Ink Annotations melalui mouse dengan cara mengaktifkan perintah Ink Color pada Toolbar Quick Access seperti contoh pada Excel 2010. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

  1. Klik kanan menu ribbon lalu pilih Show Quick Access Toolbar Below The Ribbon jika ingin menampilkan toolbar di atas formula bar.
  2. Klik icon panah pada toolbar tersebut kemudian pilih 'More Commands...'
  3. Pilih 'Ink Tools | Pens Tab' pada kotak pilihan di bawah petunjuk 'Choose commands from:' 
  4. Pilih 'Ink Color' lalu klik tombol 'Add>>'. Klik OK.
  5. Perintah Ink Color kini diaktifkan, anda pun dapat memilih warna yang akan digunakan untuk mengaktifkan ribbon tab Ink Tools > Pens dan memilih jenis pen menurut ketebalannya.
Jika anda menggunakan Excel 2013, gunakan tombol pintas keyboard menggunakan ALT+R lalu tekan tombol K untuk mengaktifkan fitur ini
Coretan yang dihasilkan akan berupa objek sebagaimana objek sisipan/ilustrasi lainnya sehingga anda dapat melakukan penyesuaian terhadap objek tersebut dengan cara mengaktifkan perintah 'Select Objects' pada ribbon tab Ink Tools maupun ribbon Home > Editing > Find & Replace.

Untuk menyembunyikan seluruh hasil coretan Ink Annotations, anda dapat menonaktifkan perintah 'Show Ink' pada menu ribbon Review > Comments. Selain itu bila diperlukan, anda dapat menampilkan Document Inspector (melalui tombol Office > Prepare pada Excel 2007 atau File > Info > Check for Issues > Inspect Document) agar dapat memastikan adanya penggunaan fitur ini dalam suatu file/workbook Excel dengan menandai centang pada 'Comments and Annotations'.