Tips Memantau Nilai Tertentu Dalam Worksheet atau Workbook Excel

Tip singkat berikut ini mungkin dapat berguna bagi anda yang sering menangani data yang banyaknya lebih dari satu sheet maupun file/workbook yang berbeda. Untuk melihat nilai dalam sheet lain, terkadang sangat merepotkan ketika anda harus mencari dahulu sheet yang akan anda aktifkan tersebut.


Dalam Excel terdapat fitur Watch Window yang memudahkan anda dalam memantau sel-sel tertentu baik dalam worksheet maupun workbook berbeda yang anda aktifkan di desktop. Watch window menampilkan nilai beserta rumus yang terdapat dalam sel yang ditambahkan. Untuk memindahkan pointer pada sel yang ditambahkan tersebut, anda cukup double-klik sel maka dengan seketika pointer sel akan aktif tepat pada sel yang dimaksud.

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas contoh ilustrasi penggunaan Watch Window dengan terlebih dahulu memberikan nama sel yang akan dipantau untuk memberikan keterangan dalam sel tersebut. Untuk menamai sel, anda dapat mengaktifkan kotak dialog New Name melalui ribbon Formulas > Defined Names > Define Name atau mengetiknya langsung dalam 'Name Box' yang terletak di formula bar, akhiri dengan tombol Excel setelah anda selesai mengetiknya.

Excel akan memunculkan pesan error 'You must enter a valid reference...' jika terdapat spasi, strip atau karakter lainnya yang tidak valid di dalam nama sel yang anda ketik tersebut. Oleh karena itu, anda dapat menghilangkan spasi pada nama sel atau dengan menggunakan karakter garis bawah/underscore '_' sebagai pengganti karakter pemisah.

Tombol Watch Window dapat anda aktifkan melalui ribbon Formulas > Formula Auditing. Kotak dialog Watch Window memiliki 2 buah tombol pilihan yakni Add Watch... dan Delete Watch. Tombol Add Watch digunakan untuk menentukan sel manakah yang akan anda pantau. Kotak dialog Watch Window dengan mudah dapat anda geser/drag agar dapat ditempatkan di samping worksheet area. Tiap kolomnya dapat disembunyikan dengan cara menggeser tepi kolom ke kiri, dan untuk menampilkannya kembali anda tinggal geser tepi kolom tersebut ke kanan.