Rumus Excel Menghitung Logaritma dan Anti Logaritma

Tip berikut ini akan menjelaskan cara menghitung logaritma dan anti logaritma secara otomatis dalam Excel serta menjelaskan metode perhitungan manual dengan menggunakan daftar/tabel logaritma (dalam contoh bilangan yang lebih dari 1).

Dalam metode perhitungan manual menggunakan tabel logaritma, contohnya untuk mengetahui bilangan logaritma dari 1952, maka nilai yang harus anda ketahui terlebih dahulu yaitu nilai N agar dapat ditemukan mantise atau bagian desimal dari logaritma. Dari bilangan 1952, maka diambil angka paling akhir yakni 2 sebagai angka kolom (horizontal) tabel logaritma, sedangkan 195 sebagai angka baris (vertikal) tabel logaritma, sehingga dalam tabel ditemukan mantisenya yaitu 2905 yang anda tulis 0,2905.

Bilangan mantise tersebut kemudian ditambahkan dengan nilai karakteristik yang diperoleh dengan cara mengambil angka paling awal dari 1952 yakni 1, lalu anda hitung jumlah digit setelah bilangan 1 tersebut, sehingga diperoleh nilai karakteristiknya yaitu 3 atau dalam hal ini, 1952 = 1,952 x 10³. Dengan demikian, log 1952 = 0,2905 + 3 = 3,2905.

Untuk menghitung bilangan anti logaritma contohnya dari 3,2905 nilai yang harus anda ketahui terlebih dahulu yaitu kebalikannya yaitu nilai N yang dapat diketahui dari bilangan mantise yakni 2905 (bilangan desimal dari 3,2905). Sehingga pada tabel, anda dapat menemukan mantise tersebut pada N baris ke 192 (vertikal) dan N kolom ke 2 (horizontal). Dengan demikian antilog dari 3,2905 = 1952.


Excel menyediakan fungsi LOG yang terdiri dari 2 buah argumen yakni argumen pertama berisi bilangan yang akan dicarikan logaritmanya berdasarkan perpangkatan bilangan yang dapat anda tentukan sendiri dalam argumen kedua. Fungsi LOG dapat diisi tanpa menyertakan argumen kedua tersebut untuk menghasilkan logaritma bilangan biasa dengan bilangan perpangkatan yang digunakan oleh Excel adalah bilangan 10.

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas suatu contoh worksheet dimana sel B2 berisi bilangan yang akan dicari logaritmanya. Sel A2 dapat anda tuliskan menggunakan rumus untuk menggabungkan tulisan dan bilangan pada sel B1 contohnya:
="log dari "&B1&" ="
Sel B2 berisi fungsi LOG dan ROUND untuk membulatkan output bilangan menjadi 4 desimal:
=ROUND(LOG(B1),4)
Sel B4 berisi bilangan input yang akan dicari antilognya. Adapun sel A5 berisi rumus gabungan:
="antilog dari "&B4&" ="
Untuk menghasilkan bilangan antilog anda dapat menggunakan fungsi POWER yang dituliskan dengan cara menyertakan bilangan perpangkatan logaritma yaitu 10 pada argumen pertama dan argumen kedua berisi bilangan yang akan dicarikan antilog atau sel B4. Sehingga rumus ditulis:
=POWER(10,B4)
Anda dapat mencoba menentukan output bilangan contohnya agar dapat menghasilkan bilangan yang dibulatkan 6 desimal apabila bilangan antilog tersebut merupakan bilangan yang kurang dari 1, sehingga anda dapat menyusun fungsi IF dan ROUND pada rumus POWER tersebut pada sel B4 menjadi:
=IF(POWER(10,B4)<1,ROUND(POWER(10,B4),6),ROUND(POWER(10,B4),0))