Image by hmvierow from Pixabay

Logaritma adalah eksponen pangkat yang diperlukan untuk memangkatkan bilangan dasar agar menghasilkan bilangan tertentu. Contoh: jika bilangan dasarnya 10, maka log 1952 = 3,2905, artinya 10 pangkat 3,2905 = 1952 yang merupakan kebalikan dari hitungan pangkat (kebalikan ini dikenal dengan Anti Logaritma atau Anti Log).

😁

Tip berikut ini akan menjelaskan cara menghitung logaritma dan anti logaritma secara otomatis dalam Excel serta menjelaskan metode perhitungan manual dengan menggunakan daftar/tabel logaritma (dalam contoh bilangan yang lebih dari 1). Terdapat pula cara menghitung logaritma dan anti logaritma melalui aplikasi kalkulator yang ada di HP (Smartphone).

Daftar Isi






Cara Menghitung Logaritma Manual (dengan Tabel Logaritma)

Cara Menghitung Logaritma dengan Tabel Logaritma

Dalam metode perhitungan manual menggunakan tabel logaritma, contohnya untuk mengetahui bilangan logaritma dari 1952, maka nilai yang harus anda ketahui terlebih dahulu yaitu nilai N agar dapat ditemukan mantise atau bagian desimal dari logaritma. Dari bilangan 1952, maka diambil angka paling akhir yakni 2 sebagai angka kolom (horizontal) tabel logaritma, sedangkan 195 sebagai angka baris (vertikal) tabel logaritma, sehingga dalam tabel ditemukan mantisenya yaitu 2905 yang anda tulis 0,2905.

Bilangan mantise tersebut kemudian ditambahkan dengan nilai karakteristik yang diperoleh dengan cara mengambil angka paling awal dari 1952 yakni 1, lalu anda hitung jumlah digit setelah bilangan 1 tersebut, sehingga diperoleh nilai karakteristiknya yaitu 3 atau dalam hal ini, 1952 = 1,952 x 10³. Dengan demikian, log 1952 = 0,2905 + 3 = 3,2905.

Cara Menghitung Antilog dengan Tabel Logaritma

Untuk menghitung bilangan anti logaritma contohnya dari 3,2905 nilai yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah kebalikannya yaitu nilai N yang dapat diketahui dari bilangan mantise yakni 2905 (bilangan desimal dari 3,2905). Sehingga pada tabel, anda dapat menemukan mantise tersebut pada N baris ke 192 (vertikal) dan N kolom ke 2 (horizontal). Dengan demikian antilog dari 3,2905 = 1952.

Cara Menghitung Logaritma dan Anti Logaritma dengan Rumus Excel (Otomatis)


Excel menyediakan fungsi LOG yang terdiri dari 2 buah argumen yakni argumen pertama berisi bilangan yang akan dicarikan logaritmanya berdasarkan perpangkatan bilangan yang dapat anda tentukan sendiri dalam argumen kedua. Fungsi LOG dapat diisi tanpa menyertakan argumen kedua tersebut untuk menghasilkan logaritma bilangan biasa dengan bilangan perpangkatan yang digunakan oleh Excel adalah bilangan dasar yaitu 10.

Rumus Excel Menghitung Logaritma

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas suatu contoh worksheet dimana sel B2 berisi bilangan yang akan dicari logaritmanya. Sel A2 dapat anda tuliskan menggunakan rumus untuk menggabungkan tulisan dan bilangan pada sel B1 contohnya:
="log dari "&B1&" ="
Selanjutnya bagaimana cara menghitung log di excel?

Rumus Log di Excel

Rumus Log di Excel pada sel B2 berisi fungsi LOG dan ROUND untuk membulatkan output bilangan menjadi 4 desimal:
=ROUND(LOG(B1),4)

Rumus Excel Menghitung Anti Logaritma

Antilog adalah kebalikan dari logaritma. Dalam contoh, sel B4 merupakan eksponen pangkat (logaritma), sedangkan bilangan dasarnya adalah 10, sehingga 10 pangkat logaritma menghasilkan bilangan anti log. Sel B4 berisi bilangan input yang akan dicari antilognya. Adapun sel A5 berisi rumus gabungan:
="antilog dari "&B4&" ="

Rumus Antilog di Excel

Untuk menghasilkan bilangan antilog, anda dapat menggunakan fungsi POWER yang dituliskan dengan cara menyertakan bilangan perpangkatan logaritma yaitu 10 pada argumen pertama dan argumen kedua berisi bilangan yang akan dicarikan antilog atau sel B4. Sehingga rumus ditulis:
=POWER(10,B4)

Anda dapat mencoba menentukan output bilangan contohnya agar dapat menghasilkan bilangan yang dibulatkan 6 desimal apabila bilangan antilog tersebut merupakan bilangan yang kurang dari 1, sehingga anda dapat menyusun fungsi IF dan ROUND pada rumus POWER tersebut pada sel B4 menjadi:

=IF(POWER(10,B4)<1,ROUND(POWER(10,B4),6),ROUND(POWER(10,B4),0))


Cara Menghitung Ln dan Anti Ln dengan Rumus Excel (Otomatis)

Rumus Excel Menghitung Ln

Rumus Ln di Excel

Lon atau logaritma natural dapat dihitung dalam Excel menggunakan fungsi LN. Sebagai contoh coba Anda hitung Ln dari 100, maka rumus yang Anda tulis adalah:

=LN(100)

Excel akan menghasilkan 4,60517.


Rumus Excel Menghitung Anti Ln

Rumus Anti Ln di Excel

Jika fungsi untuk menghitung logaritma natural tersedia dalam Excel, maka seharusnya fungsi Anti Ln atau anti lon (anti logaritma natural) juga ada, akan tetapi tidak akan Anda temukan nama fungsi yang mewakili Anti Ln tersebut.

Adapun untuk menghitung Anti Ln dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi EXP. Sebagai contoh, untuk mencari kebalikan logaritma natural dari contoh hasil di atas yaitu 4,60517 maka rumus yang Anda susun adalah:

=EXP(4,60517)

Hasilnya adalah 99,99998 atau jika Anda tidak puas dengan hasilnya tersebut maka bulatkan saja dengan menggunakan fungsi ROUND, contohnya seperti ini:

=ROUND(EXP(4,60517);1)


Cara Menghitung Logaritma dan Anti Logaritma di Kalkulator HP Smartphone (Otomatis)

Aplikasi kalkulator pada hp anda tentu sangat bisa dimanfaatkan untuk mencari nilai logaritma dan anti logaritma dengan cepat dan mudah sekali. 

Cara Menghitung Logaritma di Kalkulator HP (Smartphone)

Langkah pertama adalah pastikan untuk mengetahui dimana tombol log berada. Jika anda belum menemukan letak tombol log maka anda bisa geser bilah (biasanya berwarna hijau) dari kanan (tepi layar) ke kiri atau dengan cara mengganti orientasi layar hp anda ke landscape supaya tombol kalkulator dapat dilihat secara full. 

Setelah tombol log berhasil ditemukan, ikuti cara mencari logaritma di kalkulator hp seperti berikut.
  1. Klik tombol log
  2. Ketik 1952
  3. Klik tombol =.

Cara Menghitung Anti Logaritma di Kalkulator HP (Smartphone)

Mencari antilog pun cukup mudah yaitu menjadikan nilai yang telah dihasilkan algoritma sebagai pangkat untuk bilangan 10. Mula-mula pastikan agar anda klik tombol CLR, setelah itu ikuti cara mencari antilog dibawah ini:
  1. Ketik 10
  2. Klik tombol ^
  3. Ketik 3.2905
  4. Klik tombol =.

Cara Menghitung Logaritma Natural (Ln) dan Anti Logaritma Natural (Anti Ln) di Kalkulator HP Smartphone (Otomatis)

Logaritma natural ditulis dengan Ln (dibaca Lon). Ln adalah logaritma berbasis bilangan Euler (e=2,7182818285). Berikut ini cara mencari Ln di kalkulator HP:

Cara Menghitung Ln di Kalkulator HP (Smartphone)

Langkah pertama tentunya Anda mengetahui dimana tombol Ln berada pada aplikasi kalkulator di HP. Setelah ditemukan ikuti cara berikut untuk menghitung Ln dari 100:
  1. Klik tombol Ln.
  2. Ketik 100.
  3. Klik tombol =.
Hasilnya adalah 4.605170186.

Cara Menghitung Anti Ln di Kalkulator HP (Smartphone)

Jika kita telah mengetahui cara mencari Ln tentu kita bisa menghasilkan kebalikannya dengan mudah. Kita akan mencari Anti Ln dari nilai di atas yaitu 4.605170186. Berikut cara mencari Anti Ln di Kalkulator HP:
  1. Pastikan tombol CLR atau DEL diklik terlebih dahulu.
  2. Klik tombol e.
  3. Klik tombol ^.
  4. Ketik 4.605170186.
  5. Klik tombol =.
Hasilnya adalah 100.


Demikian pembahasan mengenai Logaritma dan Anti Logaritma menggunakan beragam metode. Mohon maaf jika terjadi adanya kesalahan penulisan dalam postingan ini, mohon bantu kami dalam mengkoreksinya dengan memberikan komentar di bawah. Terima kasih banyak.

Terakhir diperbarui tanggal: 17/11/2021