Rumus Excel Mengatasi Nilai Dalam Sel Yang Bukan Bilangan

Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara mengatasi permasalahan terhadap suatu data dalam Excel yang mungkin seringkali ditemukan setelah data tersebut diimpor maupun disalin dari aplikasi lain namun menghasilkan nilai yang bukan suatu bilangan meskipun sel terlihat berisi bilangan yang semestinya dapat dioperasikan dalam Excel.


Hal ini dikarenakan Excel menampilkan bilangan tersebut sebagai teks, sehingga anda harus mengubahnya ke dalam bilangan biasa. Terkadang Excel tidak memperlihatkan peringatan tertentu agar anda mengubah format bilangan seperti ini. Meskipun demikian anda tetap dapat mengatasinya dengan cara menyusun suatu rumus.

Adapun rumus Excel yang sangat efektif dapat anda gunakan untuk melakukan perubahan tersebut yaitu menggunakan fungsi CLEAN untuk menghapus jenis karakter asing yang tidak dikenali oleh Excel yang kemungkinan ikut tersalin ke dalam barisan sel worksheet.

Selain itu, anda juga dapat menambahkan nilai yang berisi teks bilangan tersebut dengan angka 0 untuk mengubah format bilangan seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas yakni sel A2:A5 berisi angka dengan dua desimal yang semula tidak dapat dijumlahkan dengan menggunakan fungsi SUM. Langkah ini memungkinkan anda untuk menghasilkan bilangan yang tepat di dalam worksheet.