Tips Menyalin Konten Yang Berbeda Dalam Worksheet Excel

Konten pada suatu sel atau barisan sel Excel yang biasanya dapat disalin (melalui menu ribbon Clipboard > Copy atau klik kanan sel > Copy atau menekan tombol CTRL+C pada keyboard) hanya dapat memungkinkan satu jenis salinan karena yang digunakan adalah Clipboard dari Sistem Operasi Komputer Windows. Agar dapat menyalin konten yang jenis salinannya lebih banyak, maka Clipboard dari Excel itu sendiri yang lebih sesuai.

Clipboard Excel dalam hal ini Clipboard Office (karena hanya dapat berfungsi pada aplikasi Microsoft Office saja: Word, Excel, PowerPoint, dsb) mampu menampung hingga 24 jenis salinan yang berbeda dengan menampilkan bilah menu di samping worksheet area seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini suatu contoh worksheet yang menampilkan 3 jenis salinan yang berbeda.


Anda dapat menampilkan bilah menu Clipboard ini dengan cara meng-klik icon yang paling kecil di sudut tab Clipboard pada ribbon Home. Pada pilihan dalam tombol 'Options' di bagian bawah bilah menu tersebut terdapat beberapa pengaturan untuk mengaktifkan masing-masing perintah yang dapat anda tentukan sendiri menurut kebutuhan.

Adapun kekurangan dari Clipboard Excel ini adalah tidak dapat digunakan untuk menyalin barisan sel yang berisi rumus apabila anda ingin menyalin rumusnya saja, sehingga output yang dihasilkan setelah anda Paste (memilih jenis salinan pada bilah menu Clipboard) yakni salinan sel yang berisi bilangan hasil dari rumus yang disalin atau berupa bilangan saja.

Disamping itu, salinan Clipboard hanya dapat digunakan untuk satu sel saja, sehingga jika anda ingin menyalin ke suatu barisan sel, maka anda dapat menggunakan perintah tombol CTRL+V pada keyboard atau memilih jenis Paste pada ribbon Home > Clipboard atau menu shortcut klik kanan mouse.