Tips Membuat Daftar Dropdown Dari Sheet Lain

Daftar Dropdown dalam suatu sel atau barisan sel Excel dapat dihasilkan melalui menu Data Validation dengan pilihan kriteria 'List'. Apabila Anda ingin menentukan sumber data daftar tersebut pada sheet lain secara langsung, maka Excel tidak memungkinkan hal tersebut.

Seperti contoh jika Sheet2 di sel A1 hingga A5 telah berisi suatu daftar yang akan dijadikan sumber data untuk dapat menghasilkan daftar dropdown pada kolom B di Sheet1. Pada Sheet1 setelah Anda soroti kolom B lalu Anda buka ribbon Data > Data Tools > Data Validation, Allow: 'List', kemudian Anda pilih tombol di sudut kotak pilihan 'Source', maka Excel tidak dapat membuka Sheet2 agar sumber datanya dapat disorot.


Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara yang dapat digunakan untuk dapat menampilkan daftar dropdown pada suatu sel berdasarkan sumber data yang berasal dari Sheet lain secara langsung dengan menggunakan rumus.

Untuk dapat menampilkannya secara langsung Anda dapat menuliskan barisan sel yang akan dijadikan sumber data pada kotak pilihan 'Source' dalam kotak dialog 'Data Validation' tersebut:
=Sheet2!A1:A5
Atau Anda dapat pula menuliskannya dengan menggunakan fungsi INDIRECT seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas:
=INDIRECT("Sheet2!A1:A5")