Anda mungkin seringkali menyalin suatu teks dari jenis program komputer lainnya ke dalam Excel dimana terdapat adanya jumlah spasi yang tidak teratur dan bahkan terdapat pula karakter/tanda baca yang tidak dikenali oleh sistem operasi komputer yang digunakan. Tip singkat berikut ini akan menjelaskan cara merapikan tulisan di Excel dengan menggunakan fungsi TRIM dan CLEAN.


Dalam contoh worksheet seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas terdapat suatu teks pada sel A1 yang penulisannya harus dirapikan. Jika Anda ingin teks tersebut ditampilkan menjadi beberapa baris di dalam satu sel menurut ukuran lebar kolom sel yang dapat Anda tentukan sendiri, maka menu 'Wrap Text' pada ribbon Home > Alignment dapat Anda gunakan.

Sel B1 berisi fungsi TRIM untuk merapikan spasi dan fungsi CLEAN untuk menghapus karakter asing yang tidak diperlukan:
=TRIM(CLEAN(A1))
Rumus yang dihasilkan dalam sel tersebut kemudian ditetapkan menjadi tulisan biasa dengan menggunakan Paste Special > Values melalui menu shortcut/klik kanan setelah sel tersebut di-copy.