Rumus Excel Menghitung Skala Gambar Atau Peta

Skala adalah perbandingan antara ukuran pada gambar/peta dan ukuran objek sebenarnya. Skala gambar atau skala peta umumnya digunakan dalam bidang keahlian teknik bangunan, industri, transportasi, geologi dan berbagai bidang lainnya yang ditetapkan dengan mempertimbangkan menurut jenis gambar dan kebutuhannya.

Penulisan skala ditunjukkan dengan dua angka yang dipisahkan oleh tanda hubung titik dua ':', dimana angka pertama menunjukkan ukuran pada gambar atau peta, sedangkan angka kedua adalah ukuran objek yang sebenarnya. Contoh pada gambar batas tanah dalam Surat Ukur/Sertifikat Tanah yang menggunakan skala 1:500 berarti ukuran 1 cm pada gambar mewakili 500 cm atau 5 m jarak sebenarnya.


Contoh worksheet yang ditunjukan pada gambar di atas adalah hasil perhitungan untuk mengetahui jarak sebenarnya, jarak pada gambar/peta dan menentukan skala berdasarkan masing-masing jaraknya yang diketahui.

Sel B4 menghitung panjang jalan yang sebenarnya dari suatu peta dimana diketahui skala petanya 1:2.500.000 pada sel B1 dan jarak pada peta yakni 2 cm pada sel B2. Adapun rumus yang digunakan pada sel B4 menggunakan fungsi CONVERT untuk mengubah satuan centimeter ke dalam kilometer:
=CONVERT(B1*B2,C2,C4)
Sel B9 menghitung jarak pada peta jika yang diketahui adalah panjang jalan yang sebenarnya dan skala peta dengan menggunakan rumus:
=CONVERT(B7/B6,C7,C9)
Sel B14 menentukan skala peta yang digunakan dengan diketahui panjang jalan sebenarnya akan digambarkan pada peta dengan susunan rumus:
=CONVERT(B12,C12,C11)/B11
Seperti halnya dalam dunia industri seperti bidang elektronik dan lainnya, angka pertama pada skala dapat lebih besar dibandingkan dengan angka kedua. Penulisan skala tersebut digunakan untuk memperbesar ukuran objek sebenarnya pada gambar. Sel F4  menghitung ukuran objek sebenarnya jika diketahui skala dan ukuran objek pada gambar menggunakan rumus:
=F2/F1
Sel F9 menghitung ukuran objek pada gambar jika diketahui skala dan ukuran objek sebenarnya dengan rumus:
=F6*F7
Sel F14 menentukan skala gambar jika akan dilakukan perbesaran objek dalam gambar dengan menggunakan rumus:
=F12/F11