Cara Membuat Grafik Sparkline Dalam Excel

Grafik Sparkline adalah miniatur grafik Excel yang ditampilkan di dalam suatu sel. Grafik yang mulai diperkenalkan Excel versi 2010 ini dapat menggambarkan variasi data maupun tren suatu deretan bilangan. Contohnya dapat digunakan untuk menggambarkan siklus suatu deretan bilangan atau menyoroti nilai maksimum maupun minimum.

Grafik ini dapat diakses melalui ribbon Insert > tab Sparklines. Jenis Grafik Sparkline yang tersedia pada Excel 2010 terdiri dari 3 jenis grafik yakni Line, Column dan Win/Loss.

Berbeda dengan grafik/chart pada umumnya, dimana deretan data dapat digabungkan ke dalam satu grafik, Grafik Sparkline hanya dapat memungkinkan satu baris deretan data saja, sehingga setiap baris dapat menampilkan beberapa deretan data yang terpisah. Gambar di bawah ini menunjukan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti dalam suatu contoh worksheet yang telah berisi data pada barisan sel yang akan ditampilkan Grafik Sparkline-nya pada kolom J.

  1. Letakkan pointer sel di mana saja dalam worksheet.
  2. Buka ribbon Insert > Sparklines > Line.
  3. Pada kotak dialog 'Create Sparklines' klik tombol di sudut kotak isian 'Data Range:' dibawah petunjuk 'Choose the data that you want', lalu blok/sorot barisan sel C3:I10 kemudian tekan Enter.
  4. Klik tombol di sudut kotak isian 'Location Range:' dibawah petunjuk 'Choose where you want the sparklines to be placed', lalu blok/sorot sel J3:J10 dan tekan Enter. Klik OK.
  5. Untuk memilih jenis grafik, Anda dapat menempatkan pointer sel di mana saja dalam sel grafik sparkline tersebut kemudian buka ribbon tab Sparkline Tools > Design > Type.
  6. Untuk menampilkan titik/bulatan penanda yang hanya dapat digunakan pada jenis grafik Line, Anda dapat menandai centang pada tab Show > Markers. Negative Points dapat pula ditandai centang untuk menampilkan warna titik tersendiri bagi bilangan-bilangan negatif.
  7. Beberapa pilihan desain warna grafik yang dapat Anda gunakan terdapat dalam tab Style.

Cara Mengubah Warna Grafik Sparkline dan Marker

Untuk mengubah warna Sparkline dan Marker Anda dapat membuka ribbon tab Sparkline Tools > Design > Style > Sparkline Color atau Marker Color.


Cara Menghapus Grafik Sparkline

Sparkline tidak akan dapat dihapus dengan menggunakan tombol Delete pada keyboard. Hal ini dikarenakan grafik tersimpan sebagai background di dalam sel tersebut.


Anda dapat menghapusnya melalui ribbon tab Sparkline Tools > Design > Group > Clear Selected Sparkline Groups untuk menghapus semua grafik sparkline. Selain itu, Anda juga dapat menghapus kolom yang berisi sparkline dengan cara klik heading kolom tersebut hingga kolom tersorot kemudian klik kanan untuk menampilkan menu shortcut lalu pilih 'Delete'.