Konversi Ukuran Cincin Indonesia dengan Excel

Ukuran-ukuran cincin di Indonesia menggunakan bilangan bulat mulai dari angka 1 hingga 27. Ukuran nomor cincin 1 di Indonesia diperkirakan sesuai dengan ukuran 1 3/4 dalam satuan yang digunakan di Negara Amerika Serikat atau ukuran D dalam satuan yang digunakan Negara Inggris. Untuk ukuran nomor cincin paling besar yakni 27 di Indonesia sesuai dengan ukuran 13 (Amerika Serikat) atau Z 1/2 (Inggris). Berikut ini tersaji file/workbook Excel konversi ukuran cincin Indonesia berdasarkan ukuran lingkar jari dan ukuran diameter dalam satuan centimeter.


Untuk mengetahui ukuran lingkar jari, Anda dapat menggunakan meteran pita yang biasa digunakan sebagai alat ukur menjahit atau dengan melilitkan seutas benang pada jari Anda tanpa terlalu erat maupun terlalu longgar kemudian ukur benang tersebut menggunakan mistar. Sedangkan ukuran diameter jari Anda dapat diketahui dari ukuran lingkar jari lalu Anda bagi dengan angka 3,14.

Hasil output nomor cincin memungkinkan adanya perbedaan akurasi dikarenakan setiap nomor tersebut mengacu pada masing-masing nilai minimum dan maksimum ukurannya. Contohnya jika lingkar jari Anda 4,5 cm maka nomor cincin yang sesuai adalah 4, namun jika Anda memasukkan nilai diameter jari (setelah ukuran lingkar jari Anda bagi dengan angka 3,14) yakni 1.433 cm maka nomor cincin adalah 5 dengan diameter jari minimum 1.433 cm. Dengan demikian, Anda dapat membandingkan ukuran nomor 4 atau 5 tersebut manakah yang lebih sesuai untuk Anda kenakan.

Untuk membaca ukuran yang akurat, ukurlah lingkar jari Anda dalam suhu kamar dan pastikan agar suhu tubuh Anda tidak terlalu dingin agar kulit jari Anda tidak menyusut maupun tidak terlalu panas agar kulit jari Anda tidak mengembang.
Nama File: konversi-ukuran-cincin-indonesia-bukuyudi.xlsx
Ukuran File: 12.2KB
Versi: 2007