File/workbook Excel ini adalah contoh game kuis yang dapat Anda buat dan mainkan bersama rekan-rekan Anda baik secara perorangan maupun kelompok. Permainan ini terinspirasi dari sebuah acara kuis klasik di televisi Indonesia beberapa puluh tahun yang silam. Format permainannya terdiri dari 8 baris, dimana baris pertama dan yang terakhir telah diberikan kata bantu yang berkaitan, sementara baris kedua hingga ketujuh dikosongkan.

Peraturan permainan kuis ini dibuat lebih sederhana dimana hanya dapat diikuti oleh 2 orang atau 2 kelompok yang awalnya telah dibekali dengan masing-masing skor sebanyak 100 poin. Peserta diharuskan menebak kata dengan dibantu oleh satu huruf yang akan dimunculkan setelah pemimpin permainan/Anda menempatkan nama peserta pada barisan sel 'GILIRAN MENJAWAB'.

Skor akan dikurangi sebanyak 15 poin apabila jawaban ternyata salah atau dikosongkan/tidak terjawab. Namun apabila jawaban benar, skor yang semula akan tetap utuh dan tentunya mendapatkan 100 poin serta giliran bermain tidak akan berpindah hingga peserta tersebut kehabisan waktu berpikir atau salah menjawab. Waktu untuk menebak dapat Anda tetapkan misalnya selama 5 detik untuk setiap peserta.

Jika peserta berhasil menjawab kata bonus yang telah diberikan tanda bintang, maka peserta tersebut akan mendapatkan tambahan skor 100 poin. Adapun kata bonus ini hanya dapat digunakan pada satu kata saja yang dapat Anda tentukan sendiri dimana letaknya.

Sebagai pemimpin permainan, tugas Anda terlebih dahulu sebelum memulai permainan ini adalah menyiapkan materi berupa 8 kata yang harus berkaitan satu dengan yang lainnya. Usahakan agar kata yang akan ditebak minimal sebanyak 5 huruf.

Tahap persiapan ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Setelah itu, permainan dapat dimulai dengan menentukan giliran peserta pertama yang menjawab. Contoh jalannya permainan ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Apabila peserta masih saja kesulitan menjawab kata yang telah Anda buat, maka Anda dapat menampilkan jawaban dengan cara menyertakan tanda tanya '?' pada kolom kata bonus, dan oleh karenanya poin para peserta akan tetap dikurangi. Contohnya seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


Silakan Anda download game kuis ini untuk mengisi waktu luang Anda bersama rekan-rekan.
Nama File: Contoh-Game-Kuis-Sederhana-bukuyudi.xlsx
Ukuran File: 11.7KB
Versi: 2007